Aplikasi Analisis Air


Assalamualaikum gan! Udah lama ane gak posting di blog ane yang mulai berdebu ini, maklum gan kegiatan sekolah kemarin lagi padet – padetnya, pertama dihantem UAS teori 1 minggu, lanjut sama UAS praktek 1 minggu. Tapi itu belum selesai, masih ada REMEDIAL UAS teori 1 minggu, sama REMEDIAL UAS praktek 1 minggu, plus tugas – tugas yang terus berjatuhan dari langit walaupun lagi UAS. Total waktu yang diperluin jadi 1 BULAN gan! Tapi bagi mereka yang gak kena remed sih nyantai – nyantai aja, paling nggak mereka cuma ujian 2 minggu aja gak nyampe sebulan.
Tapi menurut ane sih tetep harus dinikmatin gan, soalnya inilah yang dinamakan hidup, pasti ada aja rintangan dan tantangan yang harus dilewatin.

Oh iya gan, ada satu judul praktek yang cukup beda di kelas 11 ini, namanya Aplikasi Analisis Air di lab. Volumetri. Dari namanya, sampel yang dianalisis so pasti air. Secara keseluruhan, aplikasi analisis air ini merupakan tahapan analisis yang dilakukan untuk menentukan kualitas air dari parameter kimia dengan menggunakan beberapa metode analisis yang sudah dipelajari gan. Bicara soal parameter, ada beberapa parameter dalam menentukan kualitas air sob, antara lain:
  • Parameter fisika, seperti bau, warna, pH, kekeruhan, dan suhu,
  • Parameter kimia, seperti BOD, COD, DO, TOM, Alkalinitas, serta CO2 bebas, kesadahan, kandungan N, P, S, Cl, Fe, Cd, Pb, Hg, dan
  • Parameter mikrobiologi, seperti total coliform dan cemaran bakteri patogen.
Menurut PP no. 20 tahun 1990, air digolongkan menjadi empat, yaitu
  • Golongan A, air yang digunakan untuk air minum secara langsung,
  • Golongan B, air yang digunakan untuk bahan baku air minum,
  • Golongan C, air yang digunakan untuk perikanan dan peternakan, dan
  • Golongan D, air yang digunakan untuk usaha perkotaan, industri, pertanian, dan pembangkit listrik tenaga air.
Nah yang akan dibahas mendetail adalah parameter kimianya saja gan meliputi BOD, COD, TOM, Alkalinitas, serta CO2 bebas.

Penetapan Kadar Dissolved Oxygen (DO)
Penetapan Kadar Biological Oxygen Demand (BOD)
Penetapan Kadar Chemical Oxygen Demand (COD)
Penetapan Kadar Total Organic Matter (TOM)
Penetapan Kadar Alkalinitas
Penetapan Kadar CO2 Bebas

Analisis aplikasi air
Yusuf Noer Arifin

Menyukai kreativitas, pemikiran kritis, dan pemecahan masalah. Untuk menghubungi saya, silakan kunjungi halaman kontak ya!

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung di blog ini. Jika berkenan, mohon tinggalkan komentar dengan bahasa yang santun dan tanpa tautan. Semua komentar selalu dibaca meskipun tak semuanya dibalas. Harap maklum dan terima kasih :)

Previous Post Next Post