MASIGNALPHA101

15 Kegiatan Seru dan Bermanfaat Pengisi Liburan

15 Kegiatan Seru dan Bermanfaat Pengisi Liburan
1/09/2017

Libur telah tiba, hore! Hatiku gembira ~

Liburan merupakan saat-saat yang paling ditunggu oleh para pelajar dan pekerja setelah berbulan-bulan lamanya terjebak dalam kenangan mantan rutinitas yang melelahkan.

Lamanya masa liburan bervariasi dikarenakan perbedaan instansi tempat bernaung namun pada umumnya berlangsung selama beberapa hari hingga berbulan-bulan.

Semakin dewasa umumnya masa liburan akan semakin singkat.

Masa liburan anak SD bisa mencapai 1-2 bulan, sangat jauh dibandingkan anak SMA yang hanya 1-2 minggu saja.

Apalagi pegawai yang hanya libur pada hari libur nasional dan cuti bersama.

Tidak dapat dipungkiri bahwa frekuensi aktivitas akan meningkat seiring bertambahnya usia sehingga banyak yang berpendapat bahwa orang dewasa sudah sepantasnya memiliki liburan yang lebih singkat dibandingkan anak-anak.

Akan tetapi menurut pendangan saya pribadi, periode liburan orang dewasa seharusnya lebih panjang.

Orang dewasa telah melewati kesibukan yang padat, kepenatan yang terakumulasi, dan ribuan jam kerja untuk bisa sampai ke masa liburan, sedangkan anak-anak cenderung belum memiliki kesibukan apapun.

Okay, itu hanya intermezzo saja. Kembali ke topik.

Meskipun kedatangan liburan sangat ditunggu-tunggu banyak kalangan (termasuk saya), kerap kali orang malah bingung cara menghabiskan masa liburan tersebut secara tepat.

Iya, kan?

Kebingungan masa liburan tidak bisa dibiarkan lebih lanjut karena:
  • Kebingungan yang berkepanjangan saat liburan bisa mengakibatkan kegabutan,
  • Kegabutan terus-menerus bisa membuat hari-hari menjadi kosong tanpa kegiatan apa pun.
  • Tanpa disadari waktu terus berjalan, liburan sebentar lagi berakhir,
  • Akhirnya liburan benar-benar pergi tanpa diisi apapun,
  • Selamat! Akhirnya kamu mengetahui fakta bahwa masa liburan tidak datang setiap hari dan kamu sudah menyia-nyiakannya. dan
  • Biasanya datang penyesalan setelah doi benar-benar pergi, kan?

Untuk menghindari hal tersebut, saya berinisiatif untuk merangsang diri saya sendiri dan pembaca dengan meng-update tulisan ini.

Ada banyak kegiatan yang bisa kamu coba untuk memastikan bahwa liburanmu terisi dengan hal yang menyenangkan dan penuh manfaat.

Mungkin beberapa kegiatan di bawah bisa menjadi referensimu untuk menghabiskan liburan dengan cara yang berkualitas.

Apa saja? Yuk disimak :)

1
Membaca Buku





Banyak orang yang ill feel duluan saat mendengar kata buku karena yang pertama kali terbayang adalah rumus matematika dan fisika yang rumitnya serumit hati doi.

Tapi bukan buku itu yang saya maksud.

Bicara mengenai buku bukan berarti harus seputar pelajaran sekolah, kan? Secara garis besar, buku dibagi menjadi dua yaitu ilmiah, dan nonilmiah

Buku bertopik ilmiah adalah buku yang mengandung unsur-unsur informasi yang nyata dan bukan hasil karangan penulis.

Adapun genre yang termasuk ilmiah antara lain:
  • Agama,
  • Sejarah,
  • Budaya,
  • Motivasi,
  • Seni,
  • Biografi,
  • Sosial,
  • dan lain-lain.

Sedangkan buku-buku bertopik nonilmiah merupakan fiksi yang memuat hasil karangan penulisnya.

Novel adalah salah satu buku nonilmiah yang sering dijumpai khususnya kalangan anak muda seperti kita.

Ada beragam genre yang tersedia pada buku nonilmiah, seperti:
  • Petualangan
  • Horor,
  • Komedi,
  • Roman,
  • Mencekam,
  • Fiksi ilmiah,
  • dan masih banyak lagi,

Banyak lho manfaat yang bisa dipetik dari membaca buku. Saya sendiri merasakan manfaatnya bahkan ketika sudah menjadi mahasiswa.

Manfaat yang bisa diperoleh dari kegiatan membaca:
  • Memperoleh pengetahuan baru mengenai topik yang dibaca,
  • Menambah perbendaharaan kosa kata,
  • Mempertajam kemampuan menulis dan berbicara,
  • Mengembangkan kemampuan analisis,
  • Memandang sesuatu dari berbagai sudut pandang,
  • Melatih daya imajinasi (jika bacaannya berupa teks deskriptif), dan
  • Membiasakan penggunaan bahasa asing (jika mengandung istilah atau bahasa asing).

Sebagai tambahan, Indonesia menempati peringkat ke-60 dari 61 negara dalam hasil studi tentang minat membaca (Central Connecticut State University, 2016).

Sangat disayangkan bahwa generasi muda bangsa ini kurang gemar membaca.

Yuk sempatkan tiap hari untuk membaca walau hanya beberapa lembar :)

2
Menonton Film





Menonton film merupakan salah satu kegiatan yang kerap dilakukan saat liburan.

Saya juga suka melakukannya bahkan terkadang sampai lupa waktu (yang ini jangan ditiru ya hehehe).

Bagi kamu yang kegiatan hariannya nggak terlalu sibuk, kamu pasti rutin melakukan hal ini.

Tetapi bagi mereka yang punya segudang jadwal dan aktivitas, menonton film hanya bisa dilakukan saat masa liburan saja, bukan?

Dewasa ini bioskop menjadi salah satu tempat yang sering dikunjungi para remaja dan orang dewasa karena dunia perfilman menunjukkan perkembangan yang signifikan, terbukti dengan menjamurnya film-film berkualitas.

Ada banyak keseruan dan nilai kehidupan yang bisa dipetik dari sebuah film berkualitas. Seorang penonton yang baik hendaknya mampu mengambil kedua hal tersebut.

Inget ya, jangan nonton film yang hanya mengandung unsur hiburan apalagi kebanyakan unsur dewasanya seperti Fifty Sh*des ya! Hehehe.

Dan jangan sampai lupa waktu karena bisa membuat mata menjadi letih.

3
Berenang





Saya rasa berenang menjadi alternatif yang sangat seru untuk menghabiskan waktu liburan.

Berenang pasti kurang asyik kalau dijalani sendirian. Kamu bisa ajak keluarga atau sahabat untuk menambah keseruan dalam menjalankan aktivitas ini.

Kalau saya nggak bisa berenang gimana dong?

Walaupun esensi sebenarnya dari berenang adalah olahraga yang menyehatkan, tetapi permainan dan wahana hiburan air seperti kolam arus, voli air, perosotan, dan sebagainya juga dianggap sebagai bagian dari berenang.

Memang sih, hal itu nggak salah tetapi menghilangkan esensi sesungguhnya.

Saya memutuskan untuk tidak mempermasalahkannya karena keduanya sama-sama menyenangkan. Jadi buat kamu yang nggak bisa berenang, semua kegiatan di atas bisa jadi alternatifnya kok.

Apabila dilakukan secara benar, berenang banyak memiliki manfaat bagi tubuh seperti:
  • Meningkatkan kemampuan motorik seluruh anggota tubuh,
  • Melatih pernapasan,
  • Membantu menambah tinggi badan,
  • Meningkatkan kebugaran, dan
  • Menghilangkan kepenatan.

PS: Kalau kamu mau berenang, chat saya ya hehehe.

4
Bernyanyi dan Bermusik





Bernyanyi dan bermain musik salah satu aktivitas liburan kesukaan saya karena merupakan hobi pribadi.

Bernyanyi dan bermusik mampu menghadirkan keseruan baik dilakukan sendiri (solo), berdua (duet), maupun beregu (band atau grup musik).

Ditambah lagi ada ratusan ribu lagu yang bisa dimainkan sehingga dijamin nggak akan membosankan!

Ada banyak instrumen musik yang bisa kamu mainkan tetapi gitar dan keyboard tetap menjadi yang paling digemari karena bisa mengiringi beragam jenis lagu.

Nggak ada salahnya juga untuk mencoba alat musik yang antimainstream seperti harpa, biola, saksofon, harmonika, dan masih banyak lagi.

Kalau kamu punya banyak teman yang ahli memainkan berbagai alat musik, saya sarankan untuk membentuk sebuah grup band.

Bayangkan, beberapa orang berbakat bergabung dalam satu tim, saling berpadu dan menciptakan harmoni yang selaras.

Kece banget, apalagi kalau berkesempatan manggung dan main di café.

Bernyanyi dan bermain musik memiliki banyak manfaat lho, seperti:
  • Melatih konsentrasi dan ketekunan,
  • Menguak sisi kreativitas,
  • Melatih perasaan dan kepekaan,
  • Mempertajam kemampuan seni dan otak kanan, dan yang terpenting
  • Menyenangkan.


5
Menulis





Orang boleh pandai setinggi langit, tetapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian - Pramoedya Ananta Toer.

Bagi sebagian orang, menulis tidak dapat dipisahkan dari realita kehidupan yang memberikan kepuasan tersendiri saat ditekuni.

Menulis tidak dilakukan hanya dengan pena dan secarik kertas saja. Di era digital ini, menulis juga bisa dilakukan di depan laptop dengan aplikasi pengolah kata dan seperangkat keyboard.

Berbagai hal di sekitar kita bisa dijadikan sebagai bahan tulisan, tinggal bagaimana kita mengemasnya menjadi rangkaian paragraf yang enak dibaca dan utuh maknanya.

Oleh karena itu, menguasai kaidah penulisan yang baik dan benar merupakan modal utama yang diperlukan seseorang untuk bisa menulis.

Untuk meningkatkan kualitas tulisan, seseorang harus membiasakan diri untuk rutin membaca karena tidak dapat dipungkiri bahwa terdapat korelasi yang begitu kuat antara keduanya.

Membaca dan menulis seperti makan dan minum, saling menjaga agar keduanya tetap bersinergi.

6
Blogging





Masih ada sangkut pautnya dengan kegiatan menulis, blogging merupakan bentuk penyajian tulisan di suatu blog atau website.

Meskipun blogging merupakan turunan dari menulis, nyatanya blogging jauh lebih rumit karena tidak cukup hanya dengan kemampuan menulis.

Dibutuhkan keterampilan tambahan seperti:
  • Keterampilan dasar mengutak-atik kode HTML, CSS, JavaScript,
  • Kebolehan mendesain grafis,
  • Kiat-kiat branding dan promosi,
  • Metode SEO yang jitu, dan yang terpenting
  • Ketekunan.

Menulis dan blogging memiliki potensi tersendiri, terlebih di era yang serba digital saat ini. Yup, kegiatan menulis dan blogging dapat menjadi hobi yang mendatangkan rejeki.

Sebut saja dari Google AdSense, review, content placement, copywriter, lomba blog, dan masih banyak lagi.

7
Outbound






Outbound merupakan kegiatan luar ruangan yang seru sekaligus sarat akan makna dan tujuan seperti:
  • Melatih ketangkasan diri,
  • Meningkatkan kemampuan bekerja sama dalam tim,
  • Memperkokoh emotional bonding,
  • Sarana olahraga yang menyehatkan, dan tentunya
  • Ajang untuk saling mengenal lebih dalam dan bergembira bersama-sama.

Selain itu, outbound bisa dijadikan sebagai sarana merenungi keindahan alam dan ciptaan Allah.

Permainan dan wahana outbound banyak jenisnya dan membutuhkan ketangkasan yang beragam. Permainan tersebut biasanya sengaja dibuat sedemikian rupa sehingga tidak bisa diselesaikan sendiri tetapi harus bersama-sama.

Jadi dijamin nggak bakal ngebosenin deh!

Untuk tempatnya, nggak usah khawatir karena dewasa ini banyak berdiri sarana outbound di berbagai daerah.

Tinggal browsing dan cari lokasi yang terdekat biar nggak kena macet, hehehe.

8
Berkebun





Masih bertema alam seperti outbound, liburan kamu juga bakal seru kalau kamu menjajal kesempatan untuk berkebun.

Maklum, kidz zaman now biasanya nggak mengetahui keseruan kegiatan yang satu ini.

Sangat menyenangkan apabila melihat tanaman yang kita perhatikan selayaknya perhatian kepada doi bisa tumbuh dan berkembang.

Kegiatan berkebun di sini nggak cuman menanam tanaman saja, tapi termasuk juga menyiramnya, memberi pupuk, merapikan ranting dan cabang, juga melihat perkembangannya setiap hari hingga berbunga maupun berbuah.

Saya sendiri pernah mengalami keasyikan aktivitas ini di kebun belakang rumah.

Waktu itu saya memakan buah jeruk yang besar dan rasanya manis. Akhirnya terbesit niat untuk menanam bijinya.

Setiap hari saya siram dan saya pantau seperti Mallika. Dan akhirnya tumbuh juga :)

9
Bertemu Seorang Jauh





Seseorang yang jauh bisa bermakna sanak saudara, kawan, maupun orang lain yang berharga bagi kita.

Adanya jarak yang membentang membuat perasaan rindu semakin terpupuk, perlahan namun pasti.

Mengunjungi seseorang merupakan salah satu cara liburan yang paling berharga. Maklum, kesibukan harian dan jarak yang terbentang menjadi halangan untuk bertemu secara rutin.

Lelahnya perjalanan menempuh puluhan kilometer terbayar sudah setelah berjumpa dengan orang yang dikasihi.

Sempatkan untuk menginap sekadar beberapa hari untuk bersenda gurau, melepas rindu yang terbendung. Melakukan aktivitas bersama-sama hingga bosan. Nikmatilah, karena tidak setiap saat.

Ah, it's been a long time.

10
Jalan ke Tempat Baru





Sebenarnya saya pribadi kurang menyukai yang satu ini. Alasannya sederhana, karena travelling saat liburan sangat rentan terkena kemacetan yang bikin mati gaya.

Tetapi kalau kamu nggak ada masalah dengan hal itu, nggak ada salahnya juga mengunjungi tempat-tempat unik apalagi kalau belum pernah dikunjungi.

Iya kan?

Sedikit curhat (walaupun terdengar prihatin), sebagai orang yang tinggal di Bogor selama delapan tahun, saya belum pernah mengunjungi Kebun Raya Bogor lho!

Alasannya sederhana, saya sering melewati tempat itu secara rutin. Jadi udah bosen duluan deh hahaha.

PS: Kalau ada yang mau jalan-jalan, jangan lupa ajak saya hehehe.

11
Reunian





Masa-masa sekolah merupakan salah satu masa paling ngangenin dalam perjalanan hidup. Semakin berat beban yang dipikul sewaktu sekolah, semakin kangen juga kalau sudah lulus.

Kenapa? Karena beban tersebut yang menjadi kenangan. Yup, apalagi kalau berhasil melalui rintangan tersebut bersama-sama.

Untuk mengobati kerinduan masa-masa sekolah, reunian bisa menjadi solusinya.

Muncul masalah selanjutnya, yaitu bagaimana mengumpulkan teman-teman karena reunian nggak bakal asyik kalau yang datangnya cuman sedikit.

Setelah lulus, semua orang berpencar mencari kehidupannya masing-masing. Menguak jati diri dan jalan hidupnya. Ada yang dekat, ada yang jauh, ada yang sibuk, ada juga yang senggang.

Biasanya kita akan susah mengadakan reunian pada hari biasa karena dipenuhi aktivitas masing-masing, kan?

Nah liburan bisa jadi solusi dan alternatif buat kamu yang pingin ngadain reunian. Ini akan lebih efektif dibandingkan saat hari kerja. Dijamin bakalan ramai dan tentunya seru.

Selamat membuka kenangan lama!

12
Membersihkan Memori






Ini konyol sih, tetapi ada benarnya juga.

Saya pribadi tidak sempat melakukan hal ini ketika masa-masa sibuk. Alhasil laptop dan smartphone penuh dengan file-file sampah.

Belum lagi dengan file-file penting seperti materi kuliah, tugas, dan lainnya yang ditaruh sembarangan.

Duh bikin pusing.

Mumpung liburan, yuk atur kembali file-file penting agar mudah untuk diakses ketika dibutuhkan. Dan jangan lupa hapus file yang tidak dibutuhkan, terutama buat kamu yang mengaktifkan fitur autodownload pada WhatsApp.

Dengan demikian, semua file penting tertata rapi, memori penyimpanan kembali lega, dan gawai semakin lancar anti nge-lag!

13
Magang





Buat kamu yang ingin liburanmu tetap produktif, nggak ada salahnya untuk mencoba magang di suatu instansi lho!

Magang ini cocok banget buat menambah pengetahuan khususnya yang bersifat teknis bagi mahasiswa maupun anak SMK.

Sebelum magang, pastikan bahwa kamu memiliki keahlian yang spesifik pada bidang tertentu. Pastikan juga tempat magangmu mendukung bidang keahlian yang kamu punya.

Sebagai lulusan SMK yang pernah merasakan magang, saya mendapat banyak manfaat dari kegiatan yang satu ini seperti:
  • Menambah pengalaman,
  • Melihat langsung aplikasi ilmu pengetahuan yang selama ini dipelajari,
  • Memperoleh kenalan baru, syukur-syukur bisa bertemu satu almamater,
  • Meningkatkan kemampuan berkomunikasi dengan usia dan latar belakang yang beragam,
  • Membiasakan diri dengan kehidupan luar sekolah, dan
  • Memperoleh insentif (kalau rejekinya).

14
Do Nothing




Sebenernya inilah yang paling penting dari semua aktivitas liburan.

Yup, tidak ngapa-ngapain dan tidak kemana-mana. Hanya berdiam diri, istirahat, dan berkumpul bersama keluarga tercinta di rumah.

Jangan sampai kamu tidak punya waktu sedikit pun untuk istirahat dan berkumpul bersama keluarga, karena pada dasarnya inilah kegiatan liburan terbaik.

Jangan lupa jauhkan smartphone, dunia internet, dan hiruk pikuk pekerjaan untuk sementara waktu agar kamu bisa beristirahat secara total dan efektif.

Dengan begitu, kamu akan fresh kembali saat memulai rutinitas harian pascaliburan.

15
Cara Sobat di Sini




Saya yakin sobat pasti memiliki cara tersendiri dalam menjalani liburan. Entah itu gokil, asyik, seru, menegangkan, dan sebagainya.

Kalau ada, silakan corat-coret di komentar ya! Siapa tahu kita jodoh hehehe.

Penutup...


Baiklah sobat, itulah kegiatan yang dapat sobat terapkan untuk menemani masa liburan yang berharga.

Bagaimana, siap menjalani liburan menyenangkan dan penuh kesan?

Semoga bermanfaat dan selamat liburan!
Yusuf Noer Arifin

Seorang blogger sekaligus mahasiswa. Aktif blogging sejak tahun 2013 hingga sekarang. Menyenangi hal-hal seputar pendidikan, blogging, musik, dan desain.

avatar
Anonim
avatar

Iya gan, daripada di kostan mulu

25 Januari 2017 12.15
avatar

Hibernasi paling mantep haha

11 Maret 2017 14.57
avatar
Anonim

Ka. Liburan smakbo buat anak kelas 10 biasa nya kapan aja. Makasih

5 Mei 2017 12.04
avatar

Tergantung jadwal akademik de, yang jelas hari libur nasional tetep libur kok

15 Juli 2018 14.29
avatar

Memulihkan tenaga hehehe

15 Juli 2018 14.29
Terima kasih sudah berkunjung di website ini.

Jika berkenan, mohon berkomentar yang RELEVAN dengan bahasa yang santun.

Semua komentar selalu saya baca meskipun tidak semuanya dibalas. Harap maklum :)