MASIGNALPHA101

ASUS X550IK, Teman Setia Liburan Ala Home Sweet Home

ASUS X550IK, Teman Setia Liburan Ala Home Sweet Home
1/30/2018

Libur panjang merupakan salah satu momen yang paling dinanti-nantikan bagi pelajar, mahasiswa, dan pekerja kantoran untuk meredam kepenatan akibat aktivitas rutin dalam periode tertentu.

Ada banyak cara yang dapat digunakan untuk mengisi waktu liburan. Saya ulangi, banyak. Namun justru karena itu, liburan kerap kali malah membuat banyak orang bingung mau ngapain dan akhirnya malah terjerumus ke dalam sebuah status yang disebut gabut alias gaji buta. Saya juga begitu, kadang-kadang hehehe.

FYI, saat artikel ini ditulis hampir seluruh mahasiswa di Indonesia sedang dalam euforianya menikmati liburan panjang pasca ujian akhir semester. Sayangnya para pelajar dan pekerja kantoran sudah kembali beraktivitas seperti biasa karena fase liburannya yang "colong start".

Oh iya, contoh beberapa kegiatan yang biasa dilakukan saat libur panjang antara lain berkunjung ke tempat wisata, nongkrong bersama teman, atau sekedar melakukan aktivitas liburan ala home sweet home atau rumahan. 

Wait, liburan di rumah? Apa nggak salah baca?

Ya nggak dong! Dengan beberapa kegiatan dan amunisi yang tepat, berlibur di rumah bisa banget membuat liburanmu tak kalah mengasyikkan dibandingkan berbagai kegiatan liburan outdoor lainnya.

Selain itu, beberapa faktor berikut juga bisa menjadi pertimbangan mengapa memilih rumah sebagai tempat berlibur.

 

Lantas, kegiatan seru apa saja sih yang bisa dilakukan saat memutuskan untuk liburan di rumah?

Kegiatan multimedia seperti bermain game berkualitas tinggi, content creating, hingga menonton film kesayangan merupakan aktivitas yang pas banget untuk mengisi liburan dengan cara yang menyenangkan namun tidak begitu melelahkan.

Untuk mewujudkan liburan ala home sweet home tersebut, kita akan membutuhkan sebuah laptop dengan spesifikasi yang mumpuni. Tentu saja untuk memastikan bahwa semua aktivitas tersebut berjalan mulus tanpa hambatan. Jangan lupa secangkir coklat hangat dan setoples makanan ringan untuk memberi kenyamanan lebih hehehe.

Selanjutnya timbul pertanyaan, adakah laptop yang mampu menjalankan berbagai software dan game berkualitas AAA namun tetap terjangkau harganya.

Menjawab tantangan tersebut, ASUS sebagai produsen gawai terkemuka di dunia kembali menghadirkan laptop seri terbaru yaitu ASUS X550IK sebagai pelopor laptop gaming dan multimedia berspesifikasi gahar namun dengan harga relatif terjangkau.


Mengapa harus ASUS?

Perusahaan gawai asal Taiwan ini memiliki sepak terjang yang tidak perlu diragukan lagi. Tak tanggung-tanggung, ASUS berhasil menduduki puncak tertinggi produsen dan brand laptop di Asia Tenggara serta runner up di dunia. Selain itu, perusahaan ini juga menghasilkan motherboard terbaik di dunia lho!



Berkat dedikasinya terhadap inovasi, desain, dan kualitas produknya, ASUS telah memenangkan 4.385 penghargaan dari organisasi teknologi terpandang dan media IT sedunia pada tahun 2016 silam.

Selain unggul di kancah internasional, ASUS juga turut melebarkan sayapnya di Indonesia. Terbukti berbagai prestasi membanggakan telah berhasil disabet oleh ASUS Indonesia, sebut saja penghargaan bergengsi TOP Brand Award untuk kategori bisnis laptop pada 2017 silam.

Selain itu, posisi ASUS sebagai brand laptop terbaik di Indonesia tidak tergoyahkan sejak 2013 silam dan terus mengalami peningkatan pangsa pasar. Hingga saat ini, pangsa pasar ASUS di Indonesia terus bertengger di puncak hingga mencapai 51,7%. Benar-benar fantastis!

Beranjak dari sekumpulan fakta tersebut dapat digarisbawahi bahwa ASUS selalu membuat produk gawai berkualitas tinggi sehingga dipercaya konsumen Asia Tenggara dan dunia untuk memenuhi kebutuhan digitalnya.

Back to the topic. Lantas apa yang membuat ASUS X550IK tepat menjadi sahabat untuk menemani liburan panjang ala rumahan? Setidaknya ada lima alasan utama yang mendukung hal tersebut.

1
Desain Ciamik





ASUS X550IK merupakan laptop yang didesain sedemikian rupa guna memenuhi beragam kebutuhan dan aktivitas mulai dari komputasi harian, multimedia, content creating, hingga bermain game berkualitas.

Bagi Anda seorang yang gemar berpindah-pindah atau nomaden, maka laptop ini bisa menjadi pilihan yang tepat buatmu. Pasalnya laptop berdimensi 38.0 cm × 25.1 cm × 2.92 cm ini lebih ramping 5% dibandingkan seri X sebelumnya.

Bobotnya X550IK sendiri hanya sekitar 2,45 kg dan itu pun sudah termasuk baterainya, saya rasa angka ini tergolong ringan untuk ukuran laptop berlayar 15,6 inch. Keberadaan anti glare membuat laptop tetap nyaman digunakan di luar ruangan tanpa harus banyak menaikkan terlalu banyak brightness.

Dilirik dari visualnya, ASUS X550IK tampil dengan balutan warna black glossy yang dipadukan dengan motif khas berwarna merah gelap pada body bagian belakang dan palm rest. Tak lupa logo ASUS yang terbuat dari logam berwarna metalik ikut disematkan pada bagian depan dan belakang semakin menambah kesan luxury. Setiap lekuknya terasa detail, elegan.

Dimensi yang lebar membuat tuts keyboard yang disajikan lebih lengkap. X550IK mengusung keyboard berjenis chiclet lengkap dengan numpad. Huruf dan angkanya diberikan warna oranye sehingga pas dengan perpaduan warna utama. Jarak antar tuts yang cukup lebar pada keyboard chiclet ini berfungsi untuk meminimalisir typo dan memudahkan perawatan.


Touchpad menjadi salah satu indikator kenyamanan saat bekerja. Demi mewujudkan hal itu, X550IK menghadirkan touchpad yang luas dan responsif, lengkap dengan fitur multi touch dan ASUS SmartGesture. Kenyamanan dimaksimalkan dengan tambahan fitur IceCool Technology untuk memastikan area palm rest tetap dingin meskipun dipakai bekerja.

2
Performa Epik




Jeroan yang dimiliki suatu laptop sangat menentukan seberapa tangguh kinerja yang dihasilkan. Untuk memudahkan, saya membagi istilah jeroan menjadi CPU dan GPU, RAM serta penyimpanan.

Sebagai informasi tambahan, CPU dan GPU yang dibenamkan pada X550IK merupakan produk buatan AMD atau Advanced Micro Devices, sebuah perusahaan semikonduktor asal Amerika Serikat yang sudah sangat terkenal akan kualitas produknya namun dibandrol dengan harga yang lebih terjangkau.

 Logo AMD

CPU dan GPU

Untuk urusan processor utama atau CPU, ASUS mempercayakannya kepada AMD FX9830P Quad Core Generasi Ketujuh atau yang biasa dikenal dengan Bristol Ridge. Bukan main, clock speed yang ditawarkan berkisar 3,0–3,7 GHz dengan cache sebesar 2 MB.

Perlu diketahui bahwa processor ini merupakan processor flagship dari AMD dan sudah battle proven sehingga tidak diragukan lagi akan kinerjanya yang tangguh dan bertenaga. Dengannya tak mengherankan jika X550IK hanya membutuhkan waktu selama 2 detik untuk dinyalakan dari mode sleep.

Sedangkan GPU merupakan hal yang paling krusial dibicarakan bagi para gamers karena langsung menyangkut kepada pengalaman bermain. Untuk urusan grafis, ASUS kembali mempercayakan seri X550IK ini kepada GPU buatan AMD yaitu AMD Radeon RX560. GPU ini mengusung tipe VRAM berupa GDDR5 dengan kapasitas sebesar 4 GB.


Menariknya bahwa performa yang ditawarkan AMDRX 560 ini unggul 31,6% dibandingkan seri pendahulunya yaitu RX460. Bahkan RX560 terbukti lebih baik 250% bila dibandingkan dengan AMD Radeon RX360 yang merupakan beberapa generasi di bawahnya.


Ditinjau dari clock speed VGA-nya, RX560 mengalami peningkatan menjadi 1275 MHz untuk boost frequency dan 1175 MHz pada base frequency. Kedua angka ini lebih baik sekitar 6% dibandingkan pendahulunya yaitu RX460.

Untuk menunjang kebutuhan para pecinta game dan multimedia, AMD sudah menyisipkan berbagai teknologi tambahan pada RX560. Berikut keterangan lengkapnya (klik untuk membaca fungsinya).
Fitur ini terbagi lagi menjadi Radeon Overlay, Radeon Chill, Radeon Wattman, Enhanced Sync, dan Radeon ReLive. Berdasarkan pengujian, Adrenalin Edition sukses memberikan peningkatan performa gaming berkisar 10–19% dibandingkan pendahulunya yaitu Crimson ReLive Edition.
Memberikan pengalaman Virtual Reality dengan meminimalisir latency motion-to-photon.
Memungkinkan CPU dan GPU multi core membagi tugasnya secara proporsional ke setiap core sehingga mendongkrak performanya. Teknologi ini tidak dimiliki oleh generasi sebelumnya yaitu DirectX 11.
Dengan revolusionernya mengatasi masalah screen tearing, stuttering, dan lagging saat bermain game yang disebabkan ketidaksesuaian refresh rate antara layar dan GPU.
Eyefinity memungkinkan gamers untuk bermain dengan banyak monitor. Ukuran layar dan resolusi semakin besar, dan yang terpenting bayangkan setiap detail yang akan didapatkan.
Fitur unik untuk meningkatkan pengalaman gaming dengan penggunaan dua buah kartu grafis AMD secara pararel. Cara ini lebih murah dibandingkan harus membeli satu buah kartu grafis kelas atas.
Memberikan performa terbaik jika dibutuhkan dan menghemat daya jika tidak digunakan.
Mendorong kinerja untuk menyelesaikan tugas-tugas pengolahan data dengan efisiensi daya untuk menunjang kemampuan on-the-go.
Membatasi kerja kartu grafis pada titik dimana ia menghasilkan FPS terbaik. Imbasnya adalah pengurangan konsumsi daya dan panas yang dihasilkan.
Sebuah teknologi yang mampu membuat rambut para karakter game terlihat detail dan nyata seperti rambut manusia.
Rasakan resolusi Ultra HD pada layar Full HD sehingga tampilan lebih smooth dan berkarakter.
Mengurangi overhead API, meningkatkan kinerja, efisiensi, serta kemampuan GPU dan CPU.
Dengan berbagai fitur unggulan tersebut, ASUS X550IK yang dikolaborasikan dengan AMD Radeon RX560 mampu memainkan berbagai game AAA seperti Civilization VI, Doom, Battlefield 1, Hitman, dan Overwatch dengan FPS dan kualitas grafis yang mumpuni.


RAM

Dari segi RAM, ASUS X550IK telah dibenamkan RAM DDR4 2133MHz dengan kapasitas sebesar 8 GB. Tak perlu khawatir kekurangan, RAM DDR4 sudah mendukung peningkatan kapasitas hingga 16 GB. Selain itu, DDR4 memiliki tegangan lebih kecil dibandingkan pendahulunya sehingga menawarkan penggunaan daya yang lebih irit.

Sebagai informasi tambahan, ASUS X550IK sudah mendukung fitur dual channel RAM. Dengan fitur ini, kinerja RAM semakin optimum sehingga mampu mengelola data dengan lebih cepat.

Penyimpanan

Kapasitas penyimpanan merupakan hal terakhir yang dibahas dalam urusan jeroan. Meskipun demikian, hal yang satu ini tidak bisa dikesampingkan begitu saja. Percuma semua komponennya bagus tetapi kapasitas penyimpanannya kecil.

ASUS X550IK menawarkan media penyimpanan berupa HDD. Tipe HDD yang dibenamkan pada X550IK merupakan SATA HDD 5400 RPM berkapasitas 1 TB.

Masih kurang?

Tenang, ASUS menyediakan lagi penyimpanan tambahan berupa SSD yaitu SATA3 SSD berkapasitas 128 GB yang bisa kamu gunakan untuk keperluan penyimpanan tambahan.

Dengan kapasitas ini saya rasa sudah lebih dari sekedar LEGA untuk menampung berbagai file pribadi termasuk film, game, dan software berkualitas lainnya yang ukurannya bisa terlampau bergiga-giga.

3
Multimedia? Perfecto!




Bagi penggemar konten multimedia berkualitas tinggi, ukuran dan resolusi layar menjadi hal yang sangat vital untuk dibahas karena menyangkut kepuasan tersendiri.

Tenang saja, ASUS sangat mengerti akan hal tersebut. Ukuran layar milik X550IK tergolong lega banget karena mencapai 15,6 inch dengan resolusi full HD sebesar 1920 × 1080 pixels. Untuk memaksimalkan visual yang dihasilkan, ASUS sengaja membenamkan fitur ASUS Splendid Technology dan Vivid Colors. Kedua fitur ini mampu memaksimalkan kualitas gambar yang dihasilkan dengan memperkaya dan mempertajam warna.

 

Tidak cukup sampai di situ, teknologi HEVC dan VSR memanjakan pengguna X550IK dengan sensasi konten beresolusi 4K hanya dengan layar Full HD. Uniknya, semua itu dapat diputar dengan lancar tanpa lagging sedikitpun. Benar-benar mengagumkan!

Dari segi audio, dual speaker berkualitas dihadirkan demi memberikan pengalaman mendengarkan yang lebih baik. Sebagai pelengkap, ASUS membenamkan teknologi ASUS SonicMaster Technology dan ASUS AudioWizard pada X550IK untuk menciptakan output yang lebih akurat dan presisi. Dengan ini kita bisa menikmati karakter audio yang deep dan clean meskipun volumenya dikeraskan.

 

4
Konektivitas Kilat




Segi konektivitas pasti berhubungan dengan yang namanya transfer data. Bagi Anda yang sering berkutat dengan pekerjaan yang satu ini, X550IK sudah menyediakan beragam sarana konektivitas yang serba lengkap dan cepat.

Beragam sarana konektivitas tersebut antara lain Wi-Fi Dual-band versi 802.11 b/g/n atau 802.11ac. Tunggu dulu, fitur ini memungkinkan kecepatan transfer data sebesar 433 MBps. Angka tersebut tiga kali lebih besar dibandingkan versi sebelumnya yaitu 802.11n yang hanya mampu 'berlari' hingga 150 MBps saja.


Tak mau kalah, 3 buah port USB 3.0 juga ikut disematkan dengan menawarkan kecepatan transfer data sekitar 400–625 MBps.

Sebagai pelengkap, disediakan juga 1 buah port USB 2.0, bluetooth 4.0, Microphone-in/Headphone-out jack, VGA port/Mini D-sub 15-pin, RJ45 LAN Jack, Super-Multi DVD, dan HDMI untuk pemenuhan kebutuhan konektivitas harianmu.

5
Webstorage Lega




Satu lagi fitur unik sekaligus bermanfaat dari ASUS. ASUS WebStorage merupakan sebuah fitur yang memungkinkan pengguna devices ASUS mengunggah berbagai file pribadinya ke sebuah penyimpanan berbasis online.

WebStorage ini bisa diakses dari semua perangkat ASUS dan akan tersinkronisasi secara otomatis. Jadi jika Anda menyimpan file dari laptop maka juga bisa dibuka di smartphone asalkan sama-sama bermerk ASUS. Menarik bukan?

 

Untuk ASUS X550IK sendiri, WebStorage bisa dinikmati gratis selama 2 tahun dengan kapasitas yang cukup besar yaitu 32 GB.

6
Harga Realistis Bro!




Untuk membawa pulang ASUS X550IK, Anda cukup mengocek kantong sebesar Rp10.299.000. Sebuah harga yang relatif terjangkau untuk ukuran laptop gaming dan multimedia dengan spesifikasi yang tidak main-main, mengingat harga laptop gaming di pasaran rata-rata berkisar antara belasan hingga puluhan juta. Tentu saja harga ini termasuk Windows 10 original yang sudah diinstal sebagai OS bawaan.

Dukungan purna jual juga berlaku untuk pengguna X550IK, yaitu garansi penuh secara global selama 2 tahun termasuk service dan spareparts.

Kupas Tuntas Spesifikasi

Berikut adalah spesifikasi lengkap dari ASUS X550IK, silakan dilihat sepuasnya. Klik gambar untuk zoom atau download ya :)

Spesifikasi Lengkap ASUS X550IK

Simpulan…

Aktivitas pengisi liburan tidak harus melulu bersifat outdoor. Terkadang menghabiskan liburan di rumah juga bisa menjadi pilihan yang tepat atas beberapa pertimbangan.

Kegiatan seperti bermain game, menikmati konten multimedia, hingga content creating bisa menjadi alternatif kegiatan liburan di rumah. Tentunya semua aktivitas tersebut membutuhkan laptop spesifikasi unggulan sebagai sarana penunjang. Dengan spesifikasi dan harganya, ASUS X550IK bisa menjadi sahabat yang tepat untuk menemani liburanmu.

Bagaimana, tertarik memboyong ASUS X550IK? Kalau saya sih nggak usah ditanya lagi, asalkan ada rejekinya hehehe.

Referensi

ASUS
AMD dan AMD Indonesia
Jagat Review
Jagat Play

Artikel ini diikutsertakan pada Blog Competition ASUS AMD - Laptop For Everyone yang diselenggarakan oleh bocahrenyah.com
Yusuf Noer Arifin

Seorang blogger sekaligus mahasiswa. Aktif blogging sejak tahun 2013 hingga sekarang. Menyenangi hal-hal seputar pendidikan, blogging, musik, dan desain.

avatar

Terima kasih sudah berpartisipasi dalam Blog Competition ASUS AMD - Laptop for Everyone. Good luck.

1 Februari 2018 14.11
avatar

Makasih mbak. Semangat ya mbak dalam menilai ratusan tulisan :)

5 Februari 2018 21.50
avatar

sepuluh jutaan udah dapat leptop asus buat gaming? wewww... gue juga mauuuu.... apalagi melihat speknya... duh

6 Februari 2018 11.05
avatar

ASUS, memang sangat keren dan awet dan saya sudah 10 tahun pakai notebook asus tapi masih oke punya

13 Februari 2018 12.04
avatar

Iya mbak, meskipun harganya cukup terjangkau untuk sekelas laptop gaming tetapi performanya nggak bisa dianggap remeh

17 Februari 2018 03.12
avatar

semoga memang lombanya

24 Februari 2018 20.40
avatar

Betul betul betul hehehe

26 Februari 2018 17.01
avatar

hmm, harganya lebih murah dari ASUS ROG ya, tapi apa bisa sama kualitasnya dengan ROG ? klo bisa lebih baik beli yg ini aja hehehehe

12 Maret 2018 10.33
Terima kasih sudah berkunjung di website ini.

Jika berkenan, mohon berkomentar yang RELEVAN dengan bahasa yang santun.

Semua komentar selalu saya baca meskipun tidak semuanya dibalas. Harap maklum :)