MASIGNALPHA101

Akselerasi Bisnis dengan Transformasi Digital dan Scanner Brother ADS 2800W

Akselerasi Bisnis dengan Transformasi Digital dan Scanner Brother ADS 2800W
7/30/2018
Akselerasi Bisnis dengan Transformasi Digital dan Scanner Brother ADS 2800W

Sebagai manusia abad ke-21, saya melihat kemajuan teknologi digital sebagai anugerah luar biasa yang khusus diberikan kepada mereka yang masih hidup hingga saat ini.

Dengannya, segala ranah kehidupan mampu berubah 180 derajat, tanpa terkecuali. Secara perlahan namun pasti, cara hidup kita yang lama akan tergerus dan tergantikan dengan yang baru.

Bagi pebisnis, teknologi digital merupakan sumber daya yang harus dimanfaatkan secara optimal karena memiliki potensi yang besar untuk memperkokoh basis bisnis dalam jangka panjang.

Dengan memanfaatkan teknologi digital, banyak praktisi bisnis melakukan transformasi besar-besaran untuk menyajikan produk dan layanannya dengan semakin dinamis dan praktis.

Perhatikan kata kuncinya, dinamis dan praktis. Namun mengapa harus demikian?

Teknologi Digital

Dari seminar bisnis yang pernah saya ikuti, sudah menjadi sebuah fakta bahwa konsumen masa kini semakin banyak keinginannya.

Jika dahulu konsumen ingin produk dan layanan berkualitas dengan harga miring, sekarang itu sudah tidak cukup. Mereka ingin lebih dari itu.

Mereka ingin kemudahan, keluwesan, dan kepraktisan dalam semua aspek. Singkatnya, mereka memiliki sifat alami manusia (baca:malas).

Pebisnis yang mengacuhkan kedua aspek ini akan tersisih. Tak peduli sekokoh apapun, sebesar apapun, dan selama apapun bisnis tersebut telah berdiri. Blockbuster salah satu contohnya. Sebaliknya, mereka yang sadar akan potensi teknologi digital meraih perkembangan yang begitu melejit. Tengok saja Netflix.

Kedua perusahaan tersebut bergerak di bidang yang sama walaupun terdapat beberapa perbedaan dalam sistem bisnis.

Dahulu Blockbuster sempat merajai pasar global dan Netflix bukan perusahaan yang diperhitungkan oleh Blockbuster, tetapi sekarang Netflix memiliki +31 juta pelanggan dan Blockbuster gulung tikar.

Urgensi Transformasi Digital pada Bisnis


Transformasi Digital

Sedikit bercerita, saya yang merupakan kelahiran akhir abad ke-20 benar-benar merasakan kemajuan teknologi digital khususnya dalam dunia pendidikan.

Saat menempuh ujian nasional di bangku SD dan SMP, saya diberikan secarik lembar ujian komputer yang harus diisi dengan pensil 2B.

Ketika beranjak SMK, angkatan kelahiran saya merupakan angkatan pertama yang merasakan ujian nasional berbasis komputer yang tidak memerlukan kertas dan pensil lagi.

Cerita kedua, dalam beberapa tahun terakhir banyak bisnis bimbingan belajar berbasis online yang berkembang begitu pesat.

Mereka menyediakan materi, latihan soal, bahkan mengajarkan langsung dengan begitu detailnya lewat streaming. Semuanya bisa diakses di mana saja dan kapan saja berkat teknologi digital!

Dari cerita pertama, kita dapat melihat sendiri bahwa telah terjadi perubahan sistem pendidikan nasional yang disebabkan kemajuan teknologi digital. Tak main-main, skala nasional lho!

Selanjutnya dari cerita kedua, mungkin diri saya di lima tahun yang lalu tidak akan percaya bahwa bisnis bimbingan belajar yang notabennya sangat memerlukan kertas, tinta, dan sistem tatap muka ternyata bisa dilakukan secara daring.

Ini membuktikan bahwa ranah yang sangat bergantung pada kertas dan tinta seperti bidang pendidikan juga bisa dijamah teknologi digital.

Terbukti melalui penerapan teknologi digital, bisnis semakin mengikuti kemauan konsumen: dinamis dan praktis.

Jika Anda gemar membaca hasil penelitian, sebenarnya sudah banyak yang berbicara mengenai perbandingan bisnis berbasis digital dan kertas.

Mengutip studi yang dilakukan Microsoft dan Fulcrum, berikut saya sajikan infografis yang menunjukkan inefisiensi bisnis berbasis kertass.

Inefisiensi Bisnis Berbasis Kertas (Paper-Based Business)

Strategi Awal Menerapkan Transformasi Digital


Transformasi digital suatu bisnis tidak bisa dilakukan secara mantap tanpa perencanaan yang matang. Strategi yang digunakan bisa saja berbeda tiap bisnisnya.

Mengapa hal ini bisa terjadi?

Di luar sana, bisnis tumbuh dan berkembang dengan cara yang beragam.

Jadi wajar saja tidak semuanya bisa menerapkan cara yang sama.

Diperlukan beragam pendekatan dan modifikasi terhadap strategi-strategi dasar agar bisa diterapkan secara menyeluruh di suatu ranah bisnis.

Namun setidaknya ada langkah mendasar dari transformasi digital yang bisa diterapkan di berbagai jenis bisnis, tanpa kecuali. Hal tersebut adalah penerapan sistem kerja berbasis paperless.

Sistem paperless merupakan upaya mereduksi atau bahkan menghilangkan seutuhnya penggunaan kertas dan tinta sebagai media cetak dan penyimpanan informasi.

Sebagai gantinya, dokumen dapat disimpan di penyimpanan digital berupa hard drive atau cloud yang harganya lebih murah.

Sistem Bisnis Paperless

Ada banyak keunggulan menerapkan sistem kerja berbasis paperless, seperti:
  • Menekan biaya operasional karena tidak memakai kertas, tinta, dan lemari penyimpanan yang harganya relatif lebih mahal.
  • Menghemat ruang penyimpanan fisik. Dokumen kertas membutuhkan ruangan khusus sebagai tempat penyimpanan.
  • Menghindari kerusakan fisik dokumen (kehilangan, tumpahan, kebakaran, bencana alam, pembobolan),
  • Memudahkan pengarsipan dan pertukaran dokumen,
  • Meningkatkan keamanan karena dapat dikontrol dengan password dan sebagainya, serta
  • Mengikutsertakan bisnis dalam kampanye pereduksian kertas dan perlindungan hutan.

Bagaimana dengan dokumen lama yang terlanjur dicetak di kertas? Atau dokumen yang memang harus dicetak apa pun kondisinya?

Dokumen lama yang sudah terlanjur dicetak di kertas harus diarsipkan secara digital pula agar memudahkan pencarian ketika dibutuhkan. Begitu pula pada dokumen yang harus dicetak apa pun kondisinya.

Scanner bisa menjadi solusi yang efektif untuk mengubah tumpukan dokumen kertas menjadi file-file berformat PDF atau format lainnya yang dapat disimpan secara digital.

Tunggu, bukankah di zaman sekarang sudah banyak printer yang bisa merangkap sebagai scanner? Lantas untuk apa pebisnis era digital harus menginvestasikan modalnya untuk membeli scanner?

Ah, pertanyaan yang bagus! Biarkan saya menjawabnya.

Bertanya pertanyaan seperti itu sama saja dengan bertanya "mengapa harus membeli kamera DSLR padahal saat ini sudah banyak smartphone?"

Tentu saja karena fiturnya, bukan? Fitur yang ditawarkan kamera DSLR jauh lebih unggul dibandingkan kamera smartphone. Hal ini serupa dan berlaku pada kasus scanner dan printer.

Lantas scanner apa yang efektif untuk “menyihir” beratus-ratus lembar dokumen bisnis berbasis kertas menjadi file digital berkualitas?

Saya rasa Brother ADS 2800W merupakan pilihan yang tepat bagi Anda yang mencari scanner bagus untuk keperluan bisnis.

Scanner Brother ADS 2800W, 15 Keuntungan dalam 1 Device

ADS 2800W merupakan scanner Brother yang memiliki fungsi ganda sebagai desktop scanner dan network scanner sekaligus.

Scanner ini didesain khusus untuk keperluan bisnis mulai skala kecil hingga besar.

Setidaknya ada 15 kelebihan scanner Brother ADS 2800W yang mampu memenuhi kebutuhan bisnis Anda dalam rangka melakukan transformasi digital.

1
Pemindaian Gesit




Perkembangan Kecepatan Pemindaian Scanner Brother

ADS 2800W mampu memindai dua halaman kertas sekaligus dalam satu kali pemindaian, baik dokumen hitam putih maupun berwarna. Kecepatan pemindaian 40-50 halaman per menit (kertas 80 gram/m2) dengan firmware terbaru.

2
Interface Beragam




ADS 2800W mampu dikoneksikan secara wired LAN (dengan kabel) dan wireless LAN (tanpa kabel).

Scanner Brother ADS 2800W Mendukung Fitur Wireless

Fitur wireless merupakan salah satu fitur unggulan yang membedakan ADS 2800W dengan scanner sejenis. Dengan fitur ini, nikmati kebebasan dalam menempatkan ADS 2800W tanpa harus terkekang kabel dan jarak.

Dilengkapi dengan Gigabit Ethernet Networking yang memungkinkan scanner memindai langsung ke berbagai layanan cloud seperti Google Drive, Evernote, Dropbox, Box, maupun Onedrive.

Scanner Brother ADS 2800W Mendukung USB 3.0

Selain itu terdapat port USB 3.0 yang super cepat untuk menyimpan hasil scan langsung ke flash drive atau hard drive. Praktis, dapat dilakukan tanpa komputer.

3
Layar Sentuh Berwarna




Merupakan salah satu fitur unggulan ADS 2800W yang membedakannya dengan produk sejenis.



Kendali layar sentuh TFT LCD berwarna tersebut memiliki ukuran sebesar 3,7 inch dan dilengkapi dengan 48 program pintasan yang memungkinkan melakukan pemindaian ke direktori yang diinginkan hanya dengan satu sentuhan.

4
Fitur Keamanan Terbaik




Keamanan hasil scan dan pengguna dipastikan dengan Enterprise Security (802.1x), otentikasi pengguna jaringan, serta pelacakan email perusahaan melalui direktori aktif (termasuk LDAP).

5
Optimasi Terintegrasi




Seringkali dokumen berbasis kertas memiliki bekas yang disebabkan karena noda, straples, pembolong kertas, dan lain-lain.

Bekas tersebut dapat terbawa dalam hasil pemindaian dan menurunkan profesionalitas.

Tentang saja, ADS 2800W mampu melakukan deskew serta menghilangkan background, halaman kosong, dan lubang akibat pembolong kertas yang terdapat pada dokumen.

Deskew adalah perbaikan hasil scan yang miring akibat penarikan dokumen yang tidak mulus.

Resolusi citra yang dihasilkan cukup beragam, maksimal 600 dpi x 600 dpi untuk resolusi optikal dan maksimal 1.200 dpi x 1.200 dpi untuk resolusi tambahan.

6
Pemindaian Lanjutan




Fitur ini meliputi mode 2 in 1 untuk memindai dokumen berukuran 11 inchi x 17 inchi. Selain itu terdapat Automatic Document Feeding (ADF), suatu fitur yang memungkinkan pemindaian berkelanjutan untuk memindai halaman tak terbatas dan menggabungkannya ke dalam satu file.

7
Memindai Beragam Media




Mampu memindai dokumen dengan beragam dimensi seperti kertas, foto, tanda terima, business card, plastic card, media cetak timbul, duplex, dan sebagainya.

Semuanya mampu dipindai mulai dari kartu pengenal yang kecil hingga dokumen berukuran 8,5 inchi (lebar) dan 196 inchi (panjang).

8
Support Fitur OMR




OMR atau Optical Mark Recognition adalah penggunaan teknologi digital untuk memeriksa dan mengumpulkan data dari dokumen berbasis kertas.

Keunggulannya adalah menghemat waktu, biaya, dan mengeliminasi human error.

Aplikasi OMR sangat memudahkan sektor penginputan data yang mau tidak mau harus menggunakan kertas seperti tes psikologi, tes penerimaan pegawai, pengisian biodata di bank, rumah sakit, kantor catatan sipil, dan lain-lain.

9
Penyimpanan Besar




Kapasitas penyimpanan terbilang cukup besar untuk ukuran scanner yaitu 512 MB yang dapat digunakan untuk menyimpan hasil pemindaian.

10
Software Multifungsi




Termasuk software PDF editing, OCR, dan manajemen dokumen desktop.

11
Terintegrasi Layanan BSI




BSI merupakan kependekan dari Brother Solution Interface, merupakan fitur yang memungkinkan pengguna mengakses layanan internal berbasis web dari Brother untuk mengkostumisasi solusi dan meningkatkan alur kerja bisnis.

12
Kompatibel Berbagai OS




Scanner Brother ADS 2800W Kompatibel Berbagai OS

ADS 2800W mampu bekerja pada beragam sistem operasi seperti Windows, Mac, dan Linux.

13
Dukungan Banyak Driver




ADS 2800W kompatibel dengan berbagai driver seperti TWAIN, ISIS, WIA, ICA, dan SANE untuk menjamin performa yang maksimal.

14
Tersertifikasi Kofax VRS




Kofax VRS merupakan industri terkemuka di bidang peranti lunak untuk memproses gambar. Hasil pemindaian secara otomatis mengalami penyesuaian tertentu untuk menghasilkan citra gambar yang optimal.

15
Layanan Purna Jual




Sesuai slogannya, at your side, Brother menawarkan layanan garansi selama tiga tahun. Sebagai tambahan, tersedia pula support via daring, panggilan telepon, maupun chat yang berlaku selamanya.

Infografis: Spesifikasi Lengkap Brother ADS 2800W


Berikut merupakan spesifikasi lengkap scanner Brother ADS 2800W yang sudah saya sajikan dalam bentuk infografis agar lebih mudah dipahami. Klik untuk memperbesar ya!

Spesifikasi Lengkap Brother ADS 2800W

Eksekusi Strategi Awal dengan ADS 2800W


Dunia bisnis yang VUCA menjadi tantangan tersendiri bagi ADS 2800W untuk menjadi tumpuan dalam melakukan transformasi digital.

Berikut merupakan implementasi transformasi digital dan sistem paperless dalam berbagai ranah bisnis yang dapat disokong sepenuhnya dengan penggunaan Brother ADS 2800W.

Bidang Pendidikan


Sebagai contoh di bidang pendidikan, sudah menjadi sistem inti pendidikan bahwa ujian dilakukan dengan kertas yang kemudian diperiksa satu per satu oleh guru.

Tentu saja ini tidak efektif dan tidak efisien karena rawan kesalahan pemeriksaan dan memakan waktu yang lama.

Dengan ADS 2800W, sistem inti bisa dirubah menjadi sistem OMR yang terbukti lebih cepat dan tepat.

Masih di bidang pendidikan, banyak buku dan jurnal berkualit yang diterbitkan sebelum era komputer. Dengan demikian, dokumen tersebut sama sekali tidak memiliki soft file.

Bagi pebisnis e-book, ADS 2800W bisa diandalkan untuk merubah kumpulan buku dan jurnal tersebut menjadi e-book berkualitas dan berlisensi.

Bidang Keuangan, Kesehatan, Kependudukan, dan Catatan Sipil


Di bidang keuangan, kesehatan, kependudukan, dan catatan sipil, data yang diberikan pelanggan melalui kertas diinput secara manual ke komputer.

Lagi-lagi hal ini tidak menguntungkan karena memakan waktu yang lama.

Antrean yang membeludak berpotensi memanjang selayaknya ular. Semakin berbahaya kalau pelanggan sudah bosan dan antrean diwakilkan benda mati seperti helm. Citra penyedia layanan dipertaruhkan di sini.

Hindari Antrean Menumpuk dengan Scanner Brother ADS 2800W

Nampaknya itu bukan menjadi masalah untuk ADS 2800W. Pasalnya kecepatan pemindaian yang mampu menembus 40-50 halaman per menit sangat bisa diandalkan.

Ditambah fitur wireless-nya membuat semua loket antrean bisa menggunakan satu unit produk ini. Hanya satu unit saja!

Bidang Penelitian


Beranjak ke bidang penelitian. Sejauh ini bidang penelitian di laboratorium dan lapangan tidak bisa lepas dari kertas karena penggunaan teknologi digital di kedua tempat tersebut terkadang malah menghambat.

Mau tidak mau, peneliti menggunakan kertas sebagai media penyimpanan data sementara sebelum diinput ke komputer untuk pengolahan lebih jauh.

Proses input data akan lebih efisien jika memanfaatkan produk Brother yang satu ini. Terlebih pada penelitian yang melibatkan banyak sampel dan banyak data, fitur gesit ADS 2800W tidak bisa dikesampingkan begitu saja.

Selain itu, banyak penelitian yang bersifat rahasia sehingga fitur keamanan yang ditawarkan ADS 2800W bisa sangat membantu memproteksi hasil penelitian.

Bidang Rekruitmen


Yang terakhir, di bidang rekruitmen. Proses perekrutan pegawai sangat melelahkan karena posisi strategis biasanya diincar ribuan orang pelamar.

Rekruitmen biasanya dimulai dari seleksi berkas yang dikirim via pos maupun email. Fitur ADS 2800W yang memungkinkan pengguna melakukan pemindaian langsung dari internet bisa meringankan proses yang melelahkan ini.

Tahapan selanjutnya dari perekrutan adalah tes pengetahuan dan tes psikologi yang tidak bisa dikomputerisasi seperti ujian nasional.

Bayangkan berapa waktu dan tenaga yang dihabiskan untuk mengoreksi hasil tes tersebut?

Lagi-lagi ADS 2800W menawarkan solusi yang nyata. Ditambah lagi ribuan file tersebut bisa dihimpun dalam satu buah file saja. Menakjubkan!

Nonton Video Yuk!


Setelah keliling YouTube (sumber: channel Brother Office), saya menemukan sebuah video yang mampu merangkum semua hal mengenai scanner Brother ADS 2800W. Silakan disimak :)


Penutup…


Setelah habis-habisan membahas benefit yang bisa Anda peroleh, sekarang Anda pasti berpikir berapa dana yang harus diinvestasikan kepada produk ini.

Kabar baiknya, ADS 2800W hadir dengan harga yang bagus untuk produk premium berbasis bisnis. Hanya dengan Rp13.690.000, segudang fitur ++ ADS 2800W bisa dibawa ke kantor Anda.

Bagaimana, siap menyambut tantangan teknologi digital? Siap dong, karena Brother ADS 2800W selalu at your side.

Referensi


Sumber Gambar


Artikel ini diikutsertakan dalam Brother Blog Competition, Digitize Your Business.

Lomba Blog Scanner Brother
Yusuf Noer Arifin

Seorang blogger sekaligus mahasiswa. Aktif blogging sejak tahun 2013 hingga sekarang. Menyenangi hal-hal seputar pendidikan, blogging, musik, dan desain.

Terima kasih sudah berkunjung di website ini.

Jika berkenan, mohon berkomentar yang RELEVAN dengan bahasa yang santun.

Semua komentar selalu saya baca meskipun tidak semuanya dibalas. Harap maklum :)