MASIGNALPHA101

Dijamin Seru! Ini Dia 13 Kegiatan Yang Kamu Alami Saat MPKMB IPB

Dijamin Seru! Ini Dia 13 Kegiatan Yang Kamu Alami Saat MPKMB IPB
8/09/2018
Logo MPKMB IPB 54

Yo, kembali lagi di blog Asymmetrical Life yang sedang menggarap artikel special edition mahasiswa baru alias maba khususnya almamater Institut Pertanian Bogor.

Setelah membahas 9 seluk beluk asrama dan 12 hal yang bikin #GagalMoveOn dari asrama, kali ini saya akan mengulas hal berbagai hal mengenai MPKMB IPB.

By the way, sudah tahu apa itu MPKMB IPB?

MPKMB IPB merupakan kependekan dari Masa Pengenalan Kampus Mahasiswa Baru Institut Pertanian Bogor. Acara tersebut merupakan ajang penyambutan yang meriah bagi seluruh mahasiswa baru IPB baik program sarjana maupun vokasi.

Dan sesuai namanya, dalam rangkaian acara tersebut para mahasiswa baru dikenalkan dengan hal-hal seputar kampus tercintanya.

Sebagai maba, mungkin pernah terbesit pertanyaan di benakmu:
  • MPKMB IPB ngapain aja?
  • MPKMB IPB bakalan ada penyiksaan nggak?
  • MPKMB IPB ada perpeloncoan nggak?
  • MPKMB IPB ada tugas nggak? Ya iyalah, masa nggak ada tugas hahaha
  • Dan pertanyaan lainnya yang nggak muat ditulis di sini.

RASAIN AJA SENDIRI! HAHAHA (ketawa jahat)

Becanda kok, hehehe.

Perlu kamu ketahui bahwa di balik penyelenggaraan MPKMB IPB, ada ratusan mahasiswa IPB tingkat dua dan tiga yang mencurahkan dedikasinya selama berbulan-bulan (hampir lima bulan) hanya untuk menyambutmu selama lima hari.

Mereka melakukan kolaborasi, memikirkan konsep terbaik, membuat desain yang memukau, serta melakukan usaha lainnya untuk memastikan agar MPKMB terlaksana dengan sukses.

Oleh karena itu jangan lupa berterima kasih pada mereka ya :)

Catatan: sampai saat ini salah satu penyesalan terbesar saya saat tahun pertama adalah nggak mendaftar kepanitiaan MPKMB. Secara kapan lagi bisa bertemu orang-orang berdedikasi dalam satu wadah? Well, saya mencoba mengambil hikmahnya saja. Kalau saya ikutan, mungkin blogpost ini nggak bakal ada.

Tanpa berbasa-basi lagi, ini dia 13 kegiatan yang akan kamu jumpai saat MPKMB IPB. Check it out!

1

Mandi Jam 3 Pagi





Jam 03 Pagi

BTW siapa juga yang pengen makan krabby patty mandi saat jam 03.00 pagi? Hahaha.

Sebenarnya nggak ada keharusan melakukan hal ini, namun saya menganggap hal ini penting dilakukan.

Di kawasan astra terdapat sekitar 1.200+ mahasiswa (nggak tahu kalau astri) yang diharuskan untuk mengikuti MPKMB IPB yang dimulai sejak pukul 05.30. Meskipun air melimpah ruah, nyatanya akan habis juga kalau dipakai mandi 1.200 orang secara bersamaan.

Siapa yang bangun kesiangan, siap-siap mandi di Alhur, atau opsi terburuknya: nggak mandi.

Saat hari pertama MPKMB IPB, saya sudah menargetkan untuk bangun pukul 04.00 subuh.

Akan tetapi saat jam 03.00 sudah terdengar suara banjuran air dari kamar mandi menandakan ada yang sudah mandi.

Tanpa pikir panjang, langsung saja kuambil handuk dan peralatan mandi hahaha.

2

Bingung Sarapan





Nyari Sarapan

Sudah diceritakan sebelumnya bahwa rangkaian MPKMB IPB dimulai dari pagi buta. Akan sangat merepotkan untuk mencari sarapan karena kantin belum ada yang buka (kadang-kadang nasi kuning Red Corner udah buka sih, tetapi nggak menentu).

Oleh karena itu kamu butuh siasat khusus untuk bisa sarapan sebelum MPKMB IPB.

Sejauh ini saya bisa menawarkan dua solusi untuk masalah tersebut:
  • Beli makan dari malam hari. Pastikan makanan yang kamu beli memiliki AW rendah (mentang-mentang anak pangan wkwk) agar nggak basi sampai pagi hari, atau bisa juga
  • Berlangganan katering.  Sebelum MPKMB dimulai, banyak kok pihak yang menawarkan layanan katering khusus lima hari MPKMB, biasanya diantar sampai lobby asrama.

Apapun pilihannya, saya serahkan kepadamu. Kalau saya sendiri memilih opsi pertama karena harganya lebih murah, hehehe. Namun kalau kamu mager, nggak ada salahnya mencoba yang kedua.

3

Pengecekan SOP





Pengecekan SOP MPKMB

Pastikan kamu mengikuti MPKMB IPB di Instagram dan LINE. Oh iya, jangan hanya di-follow saja tetapi pantengin juga karena melalui keduanya akan dibagikan informasi dan SOP yang wajib dibawa pada hari tersebut.

Pada dasarnya, semua SOP yang diwajibkan panitia akan bermanfaat bagi diri kamu sendiri.

Misalnya saja air minum tumbler dan roti. Penting banget kan buat menghilangkan haus dan memenuhi kebutuhan ngemil selama rangkaian acara.

Angkat SOP MPKMB

Jadi saran saya, ikuti saja semua SOP-nya, toh nggak disuruh bawa yang aneh-aneh kok.

4

Mobilisasi





Mobilisasi Peserta MPKMB

Mobilisasi merupakan proses penggiringan peserta MPKMB IPB dari satu tempat ke tempat lain.

Tenang saja, walaupun IPB dikenal sebagai labirin (dosen saya yang belasan tahun di IPB saja masih suka nyasar), tetapi kamu nggak akan tersasar kok.

Lagi-lagi dikarenakan ada kakak panitia yang bertugas memandumu sampai ke tempat tujuan.

Melalui mobilisasi, kamu bisa mengetahui tempat-tempat yang sering dikunjungi mahasiswa IPB. Rasakan atmosfer lingkungan kampus yang begitu nyaman.

Dan sambil berjalan kaki, kamu bisa berkenalan dengan kawan-kawan barumu.

Mobilisasi Peserta MPKMB

Catatan: jangan dicuekin ya kalo ada teman yang ngajakin ngobrol, walaupun nggak kenal. Be good to everyone. Siapa tahu temanmu itu akan membantumu di kemudian hari.

5

Welcome Party





Detik-Detik Peresmian MPKMB IPB

Sesuai namanya, pada welcome party kamu akan disambut secara meriah karena telah menjadi bagian dari kampus pertanian terbaik bangsa ini.

Rangkaian acara yang dilakukan meliputi:
  • Menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne IPB,
  • Penyambutan rektor,
  • Penyambutan ketua pelaksana MPKMB,
  • Peresmian dan pembukaan MPKMB oleh rektor,
  • dan masih banyak lagi.

Baca juga: Kupas Tuntas 9 Seluk Beluk Asrama PPKU IPB

6

Menikmati Visual





Parade Bendera MPKMB

Adapun konsep visual yang dimaksud di tulisan ini adalah:
  • Pertunjukan grand design,
  • Video pendek,
  • Pertunjukan kebudayaan,
  • Parade bendera,
  • Dan berbagai penampilan lainnya.

Pertunjukan Budaya MPKMB

Pada saat itu, saya yakin kamu akan berdecak kagum dengan berbagai konsep dan kemampuan grafis yang dikerahkan kakak panitia. Pokoknya mulai dari musik, flat design, motion graphic, cinematic movie, semuanya benar-benar apik!

Pertunjukan Grand Design MPKMB

For your information, MPKMB IPB sangat terkenal dengan konsep dan desain multimedianya yang niat banget.

7

Perang Jargon





Perang Jargon dan Yel-Yel MPKMB

Jargon dan yel-yel merupakan ajang “teriak-teriak” bagi para maba. Yah walaupun bisa dibilang teriak-teriaknya nggak ngasal.

GWW akan diguncangkan dengan teriakan 4.000+ mahasiswa yang dibagi-bagi menjadi belasan kelompok kecil.

Adu jargon dan yel-yel dilakukan antar kelompok untuk saling menunjukkan bahwa kelompoknya adalah kelompok yang paling kompak dan semangat.

Saya akui bahwa jargon dan yel-yel merupakan penyemarak suasana MPKMB. Euforia sah-sah saja tetapi pesan saya jangan sampai berlebihan. Dan jangan mageran juga ya kalau tiba saatnya jargon dan yel-yel.

8

Materi Motivasi





Bapak Handry Satriago, CEO General Electric Indonesia

Salah satu agenda MPKMB IPB yang paling ditunggu-tunggu adalah pemberian materi oleh berbagai narasumber sukses dan inspiratif.

Sejauh ini, mayoritas pemateri yang dihadirkan adalah alumni IPB. Sebagai salah satu perguruan tinggi terbaik di Indonesia, IPB memiliki banyak alumni sukses di berbagai bidang.

Beberapa alumni yang dihadirkan waktu MPKMB angkatan saya:
  • Bapak Ahmad Heryawan (mantan gubernur Jawa Barat),
  • Bapak Handry Satriago (CEO General Electric Indonesia),
  • Bapak Leo Wibisono (Direktur Indosat Ooredo),
  • Dan pokoknya masih banyak lagi.

Materi yang disajikan benar-benar faktual, aktual, berbobot, dan tentunya memotivasi kita untuk terus memberikan yang terbaik dalam mengarungi kehidupan kampus selama empat tahun ke depan.

Bapak Ahmad Heryawan, Mantan Gubernur Jawa Barat

Dan yang menarik adalah, peserta diajak memberikan salam caping sebagai bentuk penghormatan kepada setiap tamu undangan termasuk pemateri.

Jangan coba-coba tidur atau mengobrol ya, karena ini sangat penting untukmu.

9

Faculty Day





Faculty Day MPKMB

Hari fakultas merupakan hari di saat peserta MPKMB dikumpulkan berdasarkan fakultasnya. Saat itu tiba, kamu akan diberi berbagai asupan mengenai fakultasmu.

Intinya faculty day merupakan ajang pengenalan fakultas.

Masih dalam rangkaian faculty day, ada juga sesi departemen. Artinya kamu akan dikumpulkan dengan teman-teman satu departemen dan mendapatkan materi seputar departemen.

Faculty Day MPKMB

Uniknya, kamu akan dimobilisasi menuju tempat-tempat seputaran fakultas dan departemen. Lumayan buat menghilangkan kejenuhan di GWW.

Oh iya, kalau kamu beruntung bisa dapet foto bareng Dekan atau Kepala Departemen lho! Kece banget kan?

Baca juga: 12 Hal Ini Bikin Kamu #GagalMoveOn dari Asrama PPKU IPB

10

Latihan Aksi





Latihan Aksi MPKMB

Waduh, khusus yang satu ini mah menantang banget!

Kamu dihadapkan pada situasi yang mirip dengan aslinya mulai dari:
  • Membuat barikade,
  • Meneriakkan aspirasi,
  • Melakukan long march,
  • Menyanyikan lagu perjuangan mahasiswa,
  • Menghadapi aparat keamanan dan semburan air, dan
  • Berbagai keadaan lain.

Latihan Aksi MPKMB

Timing pelaksanaannya dibuat sedramatis mungkin, siang hari saat matahari benar-benar terik! Pas banget untuk membakar semangat.

Pengalaman saya yang paling berkesan adalah dimarahin langsung oleh kak Presma yaitu kak Panji. Saat itu kak Panji melihat cengkraman tangan saya seolah-olah kurang kokoh, dia memarahi saya dan mencoba menerobos barikade.

Namun sayang sekali anggapan tersebut nggak sesuai kenyataan.

Meskipun terlihat kurang kokoh, nyatanya cengkraman tangan saya cukup kuat dan tidak bisa ditembus.

Hikmahnya kita harus senantiasa bermawas diri saat melakukan apapun, apalagi saat aksi. Banyak hal yang bisa terjadi dan nyawa bisa saja dipertaruhkan.

11

Mozaik IPB





Pembuatan Mozaik MPKMB

Mozaik merupakan kumpulan kepingan gambar yang harus disatukan agar menjadi sebuah gambar yang utuh dan memiliki makna.

Mozaik MPKMB IPB melibatkan semua peserta kecuali yang sakit. Untuk membentuk mozaik, dibutuhkan kondisi badan yang fit karena kamu akan dijemur di tengah lapangan. Tenang, ini bukan dihukum.

Setiap peserta memegang duplex yang sudah diberi motif kemudian membukanya agar terlihat dari atas. Yup, pengambilan gambar dilakukan dengan drone.

FYI, pada tahun 2016 silam IPB berhasil memecahkan rekor dunia dalam pembuatan mozaik ini.

12

Nonton Konser





Konser MPKMB

Rasanya bukan MPKMB IPB kalau nggak ada jingle.

Setiap tahun, beberapa musisi lokal IPB bersaing mengirimkan karya terbaiknya untuk diseleksi dan dipilih sebagai jingle MPKMB IPB.

Tentu saja banyak hal yang dipertimbangkan dalam memilih jingle seperti makna lirik, aransemen, harmoni, instrumen, bagian lagu, dan masih banyak lagi.

Dan pada puncak MPKMB, pemenang sayembara akan mengguncang panggung GWW IPB. Yup, konser!

Bisa dibilang hal ini merupakan klimaks dari seluruh rangkaian acara MPKMB. Semuanya bersenang-senang dan bernyanyi bersama.

Catatan: jangan gunakan pom-pom saat band sedang tampil. Harmoni mereka jadi kacau karena suara pom-pom. Saya sangat tidak suka dengan hal tersebut.

13

Refleksi Diri





Refleksi Diri MPKMB

Khusus yang satu ini, lihat nanti saja ya. Alami sendiri saat hari H biar semakin seru, hehehe.

Penutup…


MPKMB IPB 54

Itulah gambaran umum mengenai MPKMB IPB yang masih saya ingat, hehehe.

Perlu dicatat bahwa semua yang ditulis di bagian sebelumnya merupakan murni pengalaman angkatan saya dan bisa saja berbeda setiap tahunnya. Mungkin juga ada beberapa momen yang terlewat karena terlupakan.

Meskipun tidak 100% sama, saya berharap informasi tersebut bisa menjadi gambaran umum khususnya bagi teman-teman mahasiswa baru tentang rangkaian MPKMB IPB selanjutnya.

Tenang, nggak ada yang perlu dikhawatirkan. Jadikan MPKMB sebagai ajang peningkatan kualitas diri karena sekarang kamu sudah menjadi mahasiswa.

Bagaimana, siap menyambut MPKMB IPB?

Ada yang ingin disampaikan? Silakan corat-coret di kolom komentar :)

Sumber Gambar: Pixabay dan dokumentasi MPKMB IPB 54.
Yusuf Noer Arifin

Seorang blogger sekaligus mahasiswa. Aktif blogging sejak tahun 2013 hingga sekarang. Menyenangi hal-hal seputar pendidikan, blogging, musik, dan desain.

Terima kasih sudah berkunjung di website ini.

Jika berkenan, mohon berkomentar yang RELEVAN dengan bahasa yang santun.

Semua komentar selalu saya baca meskipun tidak semuanya dibalas. Harap maklum :)