Penetapan Kadar Seng dalam Seng Sulfat Metode Gravimetri


Dasar Teori


Dalam suasana netral yang tidak mengandung ammonia, garam seng dapat diendapkan dengan ammonium hidrogen fosfat menjadi endapan ammonium seng fosfat yang berwarna putih.

Ammonium hidrogen fosfat dipilih karena seng dapat larut dengan basa kuat maupun ammonium hidroksida.

Endapan dapat ditimbang tanpa pemijaran sebagai ammonium seng fosfat. Jika dilakukan pemijaran, maka sisa pijar yang terbentuk adalah seng pirofosfat.

Reaksi


ZnSO4 + (NH4)2HPO4 --> NH4ZnPO4 + NH4HSO4

Tujuan


Menetapkan kadar Seng dalam Seng Sulfat Heptahidrat

Cara Kerja

  1. Sampel ditimbang sebanyak ± 0,2 gram.
  2. Kemudian dilarutkan dengan ± 25 mL air suling.
  3. Larutan ditambahkan NH4Cl 10 % sebanyak 25 mL dan dibubuhi 1 gram CH3COONa.
  4. Piala gelas beserta larutannya dipanaskan hingga hampir mendidih.
  5. Diendapkan dengan (NH4)2HPO4 10 % sebanyak 10 mL.
  6. Piala gelas beserta isinya diperam diatas penangas air selama ± ½ - 1 jam.
  7. Endapan diuji pengendapan sempurna dengan meneteskan pengendap di beberapa titik yang berbeda. Jika sudah tak terbentuk endapan lagi berarti pengendapan sudah sempurna.
  8. Endapan disaring dengan cawan kaca masir G2 atau G3 yang telah diketahui terlebih dahulu bobot kosongnya, serta dicuci dengan (NH4)2HPO4 1% panas hingga bebas pengotor sulfat dan klorida.
  9. Cawan kaca masir dan endapan dibilas dengan air suling dan alkohol 1 : 1.
  10. Endapan dikeringkan di oven pada suhu 1100C selama ± ½ sampai 1 jam.
  11. Cawan kaca masir beserta endapan didinginkan di desikator dan ditimbang.
  12. Serangkaian tahapan pemanasan, pendinginan, serta penimbangan dilakukan hingga bobot tetap.

Perhitungan


Perhitungan Kadar Seng dalam Seng Sulfat Metode Gravimetri

Pembahasan


Tahap Pelarutan dan Pengendapan


Garam seng dapat diendapkan dengan ammonium hidrogen fosfat ((NH4)2HPO4) sebagai endapan ammonium seng posfat (NH4ZnPO4) yang berwarna putih.

Perlu diingat bahwa seng bersifat amfoter sehingga apabila diendapkan dengan basa kuat akan larut membentuk garam zinkat.

Namun apabila diendapkan dengan ammonium hidroksida berlebih akan larut membentuk garam kompleks [Zn(NH3)4](OH)2 atau biasa dikenal dengan nama Tetraamin Seng Hidroksida.

Dan yang terakhir, seng juga dapat larut dalam larutan yang asam.

Dapat disimpulkan bahwa seng tidak dapat diendapkan dengan basa kuat, ammonium hidroksida, maupun dalam suasana asam.

Oleh karena itu, sebagai pengendap digunakan garam atau dengan kata lain pengendapan dilakukan dalam suasana netral dengan pH sedikit diatas 7 menggunakan natrium asetat.

Tahap Penyaringan


Endapan ammonium seng sulfat merupakan endapan putih dengan ukuran hablur yang sedang sehingga dapat disaring dengan kertas saring Whatman no.541.

Selain menggunakan kertas saring, penyaringan juga dapat dilakukan dengan cawan kaca masir berukuran G3 atau G2 dengan bantuan pompa vakum.

Endapan ini mudah larut dalam asam encer dan ammoniaum hidroksida sehingga pencucian tidak memakai keduanya. Endapan juga mudah larut dalam air suling sehingga harus dicuci dengan ammonium hidrogen fosfat yang encer.

Catatan: saat praktikum digunakan (NH4)2HPOdengan konsentrasi 1% yang sedikit panas.

Apabila endapan disaring dengan cawan kaca masir, endapan langsung dapat ditimbang setelah dikeringkan menggunakan oven bersuhu 110 derajat Celcius.

Namun apabila penyaringan menggunakan kertas saring tak berabu maka perlu dilakukan pemijaran untuk mendapatkan bobot tetap. Dalam hal ini sisa pijar yang didapatkan adalah seng pirofosfat atau ZnP2O7.

Daftar Pustaka


Iskandar I, Hendrawati N, Hendrakusumah R.R. 2013, Analisis Gravimetri, Bogor (ID) : SMK – SMAK Bogor.

Vogel AI, Svehla G, Setiono L. Pudjaatmaka A. Nugroho E. 1979. Vogel Buku Teks Analisis Anorganik Kualitatif Makro dan Semi Mikro Edisi Ke Lima. Jakarta (ID): Kalman Media Pustaka.
Yusuf Noer Arifin

Menyukai kreativitas, pemikiran kritis, dan pemecahan masalah. Untuk menghubungi saya, silakan kunjungi halaman kontak ya!

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung di blog ini. Jika berkenan, mohon tinggalkan komentar dengan bahasa yang santun dan tanpa tautan. Semua komentar selalu dibaca meskipun tak semuanya dibalas. Harap maklum dan terima kasih :)

Previous Post Next Post