Uji Kualitatif Amina, "Hinsberg Reaction"


Hinsberg Reaction / Reaksi Hinsberg / Uji Hinberg adalah uji kualitatif yang digunakan untuk membedakan Amina Primer, Amina Sekunder, dan Amina Tersier. Amina primer dan sekunder bereaksi dengan benzenesulfonil klorida dan basa kuat (NaOH atau KOH) membentuk N tersubsitusi benzenesulfonamida sedangkan amina tersier tidak bereaksi.

Perbedaan antara ketiganya dipaparkan sebagai berikut :

  • Apabila senyawa amina primer direaksikan dengan benzensulfonil klorida dalam larutan basa kuat, maka akan terjadi reaksi dengan benzensulfonil klorida membentuk endapan yang dapat larut dalam KOH atau NaOH, kemudian jika ditambahkan asam maka akan terbentuk endapan lagi.
  
 
  • Apabila senyawa amina sekunder direaksikan dengan benzensulfonil klorida dalam larutan basa kuat, maka akan terjadi reaksi dengan benzensulfonil klorida membentuk endapan yang tidak larut dalam KOH atau NaOH, dan jika ditambahkan asam maka tidak terjadi perubahan
 
 
  • Amina tersier tidak mengalami perubahan jika ditambahkan benzilsulfonil klorida dalam suasana basa, dan jika ditambahkan asam maka larut dalam air
 
 

Daftar Pustaka
  • http://nikma-line.blogspot.com/2012/04/laporan-praktikum-kimia-organik.html
  • http://yellyanggrakila.blogspot.com/2012/12/reaksi-uji-hinsberg.htm
  • Fessenden Kimia Organik
Himsberg, Uji Himsberg, Reaksi Himsberg, Identifikasi Amina, Uji kualitatif amina
Yusuf Noer Arifin

Menyukai kreativitas, pemikiran kritis, dan pemecahan masalah. Untuk menghubungi saya, silakan kunjungi halaman kontak ya!

2 Comments

Terima kasih sudah berkunjung di blog ini. Jika berkenan, mohon tinggalkan komentar dengan bahasa yang santun dan tanpa tautan. Semua komentar selalu dibaca meskipun tak semuanya dibalas. Harap maklum dan terima kasih :)

  1. Sangat membantu dalam referensi tugas ane gan (y) , lanjutkan terus dalam mencerdaskan kehidupan bangsa !!

    ReplyDelete
Previous Post Next Post