UNIK!!! Orang Yang Pertama Kali Mengukur Keliling Bumi


Unik! Orang Yang Pertama Kali Mengukur Keliling Bumi - Pada zaman modern ini, tidaklah sulit untuk mengukur keliling bumi karena teknologi semakin maju dan berkembang. Akan tetapi ternyata orang yang pertama kali mengukur keliling bumi bukanlah orang yang hidup pada masa modern, melainkan orang yang hidup pada 2300 tahun yang lalu. Eratostenes (hidup pada 276 - 196 SM) berhasil menentukan dengan bantuan perhitungan sudut.
Eratostenes
Eratostenes mengetahui bahwa sewaktu Matahari tepat vertikal berada di Syene, Mesir bagian selatan, maka Matahari kira - kira miring 7o terhadap posisi tepat vertikal di atas kepala temannya di Alexandria. Dengan mengetahui jarak antara Syene dan Alexandria sejauh kira - kira 770 km, maka ia dapat menentukan keliling bumi. Karena bumi berbentuk bulat, maka sudut total bumi adalah 360o. Maka keliling bumi = (360o/7o) x 770 km = 39600 km. Dengan demikian, r = K/2π = 6302,54 km.

Catatan : Hasil perhitungan jari - jari Bumi dengan metode modern sekitar 6380 km, sedangkan hasil yang diperoleh Eratostenes hanya selisih 1% dengan hasil pengukuran modern. Sughoi banget gan!

cara mengukur keliling bumi, orang yang pertama mengukur keliling bumi
Yusuf Noer Arifin

Menyukai kreativitas, pemikiran kritis, dan pemecahan masalah. Untuk menghubungi saya, silakan kunjungi halaman kontak ya!

5 Comments

Terima kasih sudah berkunjung di blog ini. Jika berkenan, mohon tinggalkan komentar dengan bahasa yang santun dan tanpa tautan. Semua komentar selalu dibaca meskipun tak semuanya dibalas. Harap maklum dan terima kasih :)

Previous Post Next Post