MASIGNALPHA101

[UPDATE 2018] Penerimaan Siswa Baru SMAK Bogor dan Strategi Lolos Ujian Tertulisnya

[UPDATE 2018] Penerimaan Siswa Baru SMAK Bogor dan Strategi Lolos Ujian Tertulisnya
2/07/2016

Perhatian :
  • Pendaftar harus memilih satu jalur tes saja (pilihlah jalur prestasi jika memenuhi syarat, kalau tidak memenuhi syarat maka harus pilih jalur tes tulis)
  • Pendaftar jalur prestasi yang tidak lulus, akan langsung jadi peserta tes tulis secara otomatis (tidak usah daftar lagi)
  • Panitia akan langsung menggugurkan peserta apabila ada perbedaan data ketika diverifikasi ulang

A. JALUR PRESTASI


1. Syarat Umum Jalur Prestasi


a. Pria atau Wanita duduk di kelas 9 untuk SLTP atau sederajat pada tahun ajaran 2017/2018.

b. Tinggi badan Pria minimal 150 cm dan wanita 145 cm.

c. Jika Kurikulum 2006, maka nilai rapor semester 1 s.d. 5 untuk pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, IPA/Sains minimal nilainya 5 (lima) poin di atas KKM (contoh : jika KKM 80 maka nilai harus 85).

d. Jika Kurikulum 2013, dengan menggunakan rentang 1 s.d. 4, maka nilai rapor semester 1 s.d. 5 untuk pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, IPA/Sains, pada Pengetahuan dan Keterampilan masing-masing minimal Nilai 3,40 (Tiga Koma Empat Puluh)

e. Jika Kurikulum 2013, dengan menggunakan rentang 10 s.d. 100, maka nilai rapor semester 1 s.d. 5 untuk pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, IPA/Sains, pada Pengetahuan dan Keterampilan masing-masing minimal Nilai 8,50 (Delapan Koma Lima Puluh)

2. Pendaftaran Jalur Prestasi


a. Mengisi formulir secara online dari website http://www.smakbo.sch.id dari tanggal 1 Pebruari-28 Pebruari 2018 (tanggal 28 Pebruari 2018 pukul 24.00 sistem akan menutup secara otomatis untuk pendaftaran jalur prestasi)

b. Pendaftaran dapat dilakukan secara perorangan atau kolektif oleh sekolah masing-masing

c. Pendaftar harus mengisi data, pada format jalur prestasi (tidak boleh mengisi data pada jalur tes tertulis)

d. Calon harus mencetak sendiri kartu peserta testing

e. Biaya pendaftaran GRATIS

3. Daftar Ulang Jalur Prestasi


a. Pengumuman hasil tanggal 2 Maret 2018. Pengumuman akan diberitahukan kepada peserta melalui : E-mail peserta, serta melalui (0251) 8323138 atau http://www.smakbo.sch.id

b. Peserta yang lulus harus mencetak sendiri tanda lulus dari e-mail peserta dan diserahkan ke panitia saat daftar ulang ke SMK - SMAK Bogor

c. Peserta yang lulus dan orang tua harus datang ke SMK - SMAK Bogor antara tanggal 2 s.d. 10 Maret 2018 pukul 08.00 s.d. 12.00 dan membawa kelengkapan tambahan :
  • Menunjukkan rapor (asli)
  • Surat keterangan dari dokter (asli) yang menyatakan : Tidak buta warna, sehat, dan tidak cacat tubuh
  • Surat berkelakuan baik dan bebas NARKOBA (asli) menurut keterangan Kepala Sekolah
  • Verifikasi ulang tentang kesehatan dan buta warna oleh SMK - SMAK Bogor

d. Bagi peserta yang tidak lulus jalur prestasi, dapat mengikuti tes tulis tanpa mendaftar lagi, cukup dengan menunjukkan kartu peserta saat mengikuti tes tulis

B. JALUR TES TULIS


1. Syarat Umum


a. Pria / Wanita duduk di kelas 9 untuk SLTP atau sederajat pada tahun ajaran 2017/2018 atau lulusan tahun ajaran 2016/2017

b. Tinggi badan Pria minimal 150 cm dan wanita 145 cm

2. Persyaratan Pendaftaran Jalur Tes Tulis


a. Mengisi formulir secara online dari website http://www.smakbo.sch.id dari tanggal 1 Pebruari - 30 Mei 2018 (tanggal 30 Mei 2017 pukul 24.00 sistem akan menutup secara otomatis untuk pendaftaran jalur tes tulis)

b. Pendaftaran dapat dilakukan secara perorangan atau kolektif oleh sekolah masing-masing

c. Pendaftar harus mengisi data, pada format jalur tes tulis (tidak boleh mengisi data pada jalur tes prestasi)

d. Calon harus mencetak sendiri kartu peserta dan dibawa saat testing

e. Biaya pendaftaran GRATIS

3. Kegiatan Seleksi Jalur Tes Tulis


a. Mata pelajaran yang diujikan: Matematika, IPA/Sains, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris

b. Pelaksanaan testing 31 Mei 2018 pukul 08.00 s.d. 10.30

4. Daftar Ulang Jalur Tes Tulis


a. Pengumuman hasil tanggal 2 Juni 2018

b. Pengumuman akan diberitahukan kepada  melalui e-mail peserta dan dapat dilihat di papan pengumuman SMK - SMAK Bogor serta melalui (0251) 8323138 atau http://www.smakbo.sch.id

c. Peserta yang lulus harus mencetak sendiri tanda lulus dari e-mail peserta dan diserahkan ke panitia saat daftar ulang ke SMK - SMAK Bogor

d. Peserta yang lulus dan orang tua harus datang ke SMK - SMAK Bogor antara tanggal 5 s.d. 10 Juni 2018 pukul 08.00 s.d. 12.00 dan membawa kelengkapan tambahan :
  • Menunjukkan rapor (asli)
  • Surat keterangan dari dokter (asli) yang menyatakan : tidak buta warna, sehat, dan tidak cacat tubuh
  • Surat berkelakuan baik dan bebas NARKOBA asli menurut keterangan Kepala Sekolah
  • Verifikasi ulang tentang kesehatan dan buta warna oleh SMK - SMAK Bogor

Sekretariat Pendaftaran


Jl. Binamarga (0251) 8323138 fax (0251) 8384785

Ciheuleut Baranangsiang Kota Bogor Jawa Barat. E - mail : mail@smakbo.sch.id

website : http://smakbo.sch.id

Strategi Lolos Tes Tertulis Masuk SMAKBo


Sebagian besar siswa SMAKBo adalah hasil tes tertulis. Insya Allah tips ini sangat berguna buat kamu yang akan mengikuti tes.

Pastikan kamu membacanya secara perlahan dan tuntas.

Persiapkan Materi dengan Matang


Biasanya tes tertulis SMAKBo dilakukan setelah UN. Dan jaraknya tidak terlalu jauh. Jadi lumayan lah materinya masih hangat hehehe.

Materi yang diujikan adalah materi UN. Saran saya, perkuat lagi materi-materi UN yang pernah kamu perlajari.

Mengingat sering muncul soal yang belum pernah diajarkan saat SMP, ada baiknya kalau kamu belajar materi olimpiade tingkat SMP. Namun perlu dicatat bahwa hal ini bukan harga mati. Saya sendiri tidak melakukannya.

Insya Allah saya yakin kamu akan lulus apabila menguasai seluruh materi SMP dengan mantap. Tidak perlu mempelajari materi yang terlalu jauh. Saya rasa lebih bijaksana kalau memperkuat materi yang sudah pernah diajarkan.

Saran saya, belajarlah untuk tes SMAKBo bersamaan saat persiapan UN. Karena dengan demikian, materi akan tercicil. Hindari sistem SKS. kalau bisa gunakan H-1 untuk istirahat, bukan belajar.

Minta Restu Orang Tua


Ini salah satu yang terpenting, karena orang tua adalah kunci kesuksesan seorang anak.

Jadi, sebelum berangkat tes, saya sangat menyarankan kamu untuk meminta doa restu dan jangan lupa cium tangan orang tua. Insya Allah, setiap soal yang kamu kerjakan akan dimudahkan Allah.

Jangan Terlambat


Terlambat bisa mengakibatkan perasaan kita nggak karuan dan secara psikologis berakibat kurang baik terhadap mental.

Yang ada, kita justru panik dan gugup karena masuk kelas di saat semua orang sudah masuk. Bisa-bisa semua materi yang sudah dipelajari menguap begitu saja.

Selain itu, tidak ada tambahan waktu bagi mereka yang terlambat.

Saya pribadi datang pukul 06.00 pagi, padahal waktu itu tes berlangsung pukul 07.30. Sebelum ke SMAKBo, saya yang waktu itu diantar Mamah menjadi penglaris bagi penjual martabak mini di samping Giant Baranang Siang.

Wuihh, nikmatnya!

Campuran cokelat dan keju yang meleleh di mulut menjadi mood booster tersendiri bagi saya yang akan mengerjakan tes.

Maklum, kan masih pagi banget jadi baru matang hehehe. Baru banget diangkat dari loyang :)

Catatan: sampai saya lulus, tukang martabak mini itu masih jualan lho! Benar-benar penuh kenangan karena menjadi saksi bisu perjuangan saya :)

Kuatkan Mental


Dari berbagai pengalaman, saya menyadari bahwa mental saat bertanding saat memengaruhi hasil yang dicapai.

Dan saya yakin bahwa mental yang membaja merupakan hasil dari persiapan yang matang.

Ketika kamu dateng untuk tes, mungkin kamu akan melihat siswa-siswi SMP lain yang tampangnya terlihat smart. Keep calm, jangan melihat buku dari sampulnya.

Begitu pula sebaliknya, mungkin kamu juga melihat mereka yang bertampang kurang meyakinkan. Jangan meremehkan dulu, kita nggak tahu isi kepalanya, bukan?

Kamu juga akan melihat ada siswa yang belajarnya ekstrem, saking ekstremnya sampai-sampai belajar materi yang nggak penting seperti latihan conversation.

Mungkin kamu akan berpikir "wah pinter banget bahasa Inggrisnya, sampai-sampai lancar banget ngomongnya".

Halo, ini tes SMAKBo. Bukan IELST atau TOEFL, bukan juga ajang pamer kebolehan.

Menurut saya hal seperti itu terlalu berlebihan. Cukup fokus pada materi yang diujikan saja. Dan ingat, jangan sombong dan jangan rendah diri.

Rendah hati perlu, rendah diri jangan apalagi sombong.

Jangan Mencontek


SMAKBo merupakan sekolah yang menjunjung tinggi nilai kejujuran.

Kejujuran merupakan hal penting yang harus dimiliki oleh seorang analis kimia karena di tangan mereka kualitas suatu produk.

Ketika saya tes, waktu itu saya melihat ada banyak yang melakukan kecurangan. Padahal mereka duduk di depan.

Mereka menganggap pengawas tidak mengetahui, padahal justru sebaliknya. Pengawas mengetahui namun mereka tidak memberitahukannya.

Ya, diam-diam pengawas mencoret nama mereka yang melakukan kecurangan.

Dan saya tidak pernah melihat mereka yang mencontek saat tes ada di SMAKBo.

Kerjakan Soal Mudah Terlebih Dahulu


Karena soal tesnya banyak dan waktunya cukup mepet, kamu harus memprioritaskan soal yang mudah terlebih dahulu.

Pastikan kamu menjawab soal mudah dengan benar, karena akan sangat membantu poinmu.

Jika kamu menemukan soal yang tak bisa kamu jawab, langkah pertama adalah tenang. Pikirkan cara menjawab dengan menarik napas terlebih dahulu. Buka kembali semua pengetahuan yang kamu simpan selama ini.

Kalau masih belum bisa juga, tenang saya masih punya solusinya. Baca bismillah, lalu tembak! Hehehe.

Apabila tidak ada sistem minus, lebih baik tembak semua soal yang tidak bisa dijawab.

Penutup...


Nah itu dia syarat pendaftaran siswa baru SMAKBo dan sedikit strategi untuk lolos tes tertulis SMAKBo.

Terima kasih sudah membaca postingan kali ini.

Selamat berjuang, semoga diberikan yang terbaik. Keep Fighting!


Yusuf Noer Arifin

Seorang blogger sekaligus mahasiswa. Aktif blogging sejak tahun 2013 hingga sekarang. Menyenangi hal-hal seputar pendidikan, blogging, musik, dan desain.

avatar

kalo jalur tes tulis nilai rapotnya harus 5 poin diatas kkm juga gak kak ?

5 Maret 2016 08.17
avatar

Setahu ane sih nggak, yang 5 poin di atas KKM itu buat yang seleksi rapot.

6 Maret 2016 15.28
avatar

jalur prestasi sama jalur tes bedanya dimana nanti, apa ada perbedaan segi biaya masuk?
Tks

11 April 2016 22.53
avatar

Setahu saya perbedaannya hanya cara penerimaannya saja, untuk biaya silahkan hubungi pihak PSB nya. Terima kasih kunjungannya

12 April 2016 12.46
avatar

makasih ya tipsnya

nanti tanggal 31 aku mau tes disana, doain ya kak :D

21 Mei 2016 12.00
avatar

Oke sama - sama

Semoga sukses ya! :)

21 Mei 2016 14.37
avatar

Maksudnya cacat tubuh itu gimana?kalau pernah patah tulang bisa masuk ngga?tapi keadaan kaki sudah normal

7 Juni 2016 14.06
avatar

kalo yang sudah patah tulang bisa diterima ngga ya?

7 Juni 2016 14.07
avatar

Mohon maaf sekali, saya juga kurang tahu definisi cacat tubuh yang dimaksud seperti apa. Silahkan tanya ke panitia PSBnya ya, terima kasih.

13 Juni 2016 20.49
avatar

Cacat tubuh tuh misal kaya kaki tangan gak ada satu atau fisik laen misal buta.
kaki patah doang udah sembuh gak ngaruh.

makasih infonya yo, lagi searching pendaftaran eh ternyata udah lewat.

14 Juni 2016 13.43
avatar

Oke sis, makasih kunjungannya.

19 Juni 2016 15.52
avatar

Trimkasih utk postingannya ya kak. :)

21 Desember 2016 20.42
avatar

Bismillah... Semoga saya bisa masuk smakbo. Amin ya allahh

17 Januari 2017 05.28
avatar

Aamiin, yang penting terus berusaha dan berdoa ya. Semoga sukses, sampai jumpa di SMAKBo dan wisuda 59 :)

18 Januari 2017 12.02
avatar

Iya om, semoga keterima untuk kedua kalinya ya :p

25 Januari 2017 12.15
avatar
nunaaulia

kalo tes tulis dilihat dari anak negri atau swasta nya ga ka?

-makasih-

14 Maret 2017 22.58
avatar

Nggak kok, yang diliat ya cuman hasil test kamu. Walaupun kamu anak negeri tapi kalo nilai hasil test kamu jelek, ya tetep nggak diterima.

Sama - sama :)

16 Maret 2017 23.41
avatar

Semoga adik saya masuk di smakbo..amin

21 Mei 2017 15.59
avatar

smakbo ada biaya pertahun tidak?

30 Mei 2017 20.23
avatar

Waktu zaman saya sekolah sih ada, tapi untuk lebih jelasnya silahkan tanyakan langsung ke pihak sekolah ya :)

6 Juni 2017 21.06
avatar

makasih kak infonya... alhamdulillah saya lulus jalur PPDB 2018 jdi gk tes tertulis lagi deh...

2 Maret 2018 16.45
avatar

Kak mau nanya dong. Tes tulis materinya sama kyk UNBK atau beda lagi??

20 Maret 2018 17.11
avatar

Kak mau nanya dong. Tes tulis materinya sama kyk yg di UN? Atau beda lagi??

20 Maret 2018 17.13
avatar

Ada biaya masuk atau lain2 ga sih om?
Saya mau siapin buat anak saya tahun depan soalnya...
Makasih infonya om

22 Maret 2018 21.07
avatar

Maaf om... ada biaya pendaftaran atau biaya lain ga sih om... soalnya saya mau mempersiapkan putri saya untuk tahun depan...
Terimakasih infonya om..

22 Maret 2018 21.08
avatar

Materi test-nya lebih diperdalam lagi dibandingkan soal-soal SMP. Semangat!

24 Maret 2018 19.58
avatar

Sore kak, mau nanya dong. Ini yg jalur prestasi itu maksudnya atlet / prestasi akademik ya? Terimakasih

29 Maret 2018 16.40
avatar

Halo kak, mau nanya dong. Itu yg jalur prestasi itu, prestasi akademik ya? Kalau yg atlet2 gt gmn ya kak? Terimakasih

29 Maret 2018 16.41
avatar

Assalamualaikum kak, soal jenis test nya apakah jauh dari yg UN kan nanti atau lebih sulit kak?maaf kaka kepo sedikit buat prediksi saya belajar, terimakasih

10 April 2018 20.28
avatar
Anonim

Kak kalau tdk diisi atau salah dpt pengurangan poin tidak ya?

29 Mei 2018 08.12
avatar

Maksud di perdalam itu gimana ya?apa kaya soal olimpiade gitu?

30 Juni 2018 12.22
avatar

Ya begitulah, waktu saya test dulu sih ada materi yang belum saya dapatkan sewaktu SMP. Semangat!

30 Juli 2018 23.08
avatar

Waktu tahun saya, biaya pendaftaran testing cuman 80 ribu namun sekarang sudah ditiadakan.

Untuk biaya tahun pertama sekitar 10 jutaan sudah bebas semuanya (praktikum, buku, seragam, dsb)

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi pihak sekolah karena sekarang saya sudah lulus. Terima kasih :)

30 Juli 2018 23.14
avatar

Iya betul, setahu saya belum ada jalur atlet. Mungkin bisa dikonfirmasi ke pihak sekolah untuk lebih detailnya. Terima kasih

30 Juli 2018 23.16
avatar

Waktu tahun saya, soalnya lebih susah tes SMAKBo dibandingkan UN. Jauh malahan hehehe. Semangat!

30 Juli 2018 23.17
avatar

Sewaktu saya sih tidak ada hal seperti itu, saat mau ujian akan diberitahukan kok mengenai peraturannya. Semangat!

30 Juli 2018 23.20
avatar

Ka sya Pake kurikulum 2013 nilai saya alAlhamdulill bagus tapi nilai bahasa Inggris sya ada yg 83 bisa ikut ga ya?
Cuma 1 dan nilai yg lainnya cukup besar ( 88,89,90)

15 Oktober 2018 19.38
avatar

Dicoba dulu saja dek. tapi setahu saya harus sesuai semuanya dengan nilai minimal yang ditetapkan pihak SMAKBo

7 November 2018 07.24
Terima kasih sudah berkunjung di website ini.

Jika berkenan, mohon berkomentar yang RELEVAN dengan bahasa yang santun.

Semua komentar selalu saya baca meskipun tidak semuanya dibalas. Harap maklum :)