Penetapan Alkalinitas dalam Sampel Air


Dasar

Alkalinitas merupakan kemampuan air untuk menetralkan asam, atau dengan kata lain menentukan kandungan garam – garam yang bersifat sedikit basa. Penetapan alkalinitas menggunakan metode Asidimetri. Sampel dititrasi dengan asam kuat (H2SO4) menggunakan indikator PP dan BCG hingga TA mevah muda seulas dan kuning muda.


Reaksi

CO32- + H+ --> HCO3-
HCO3- + H+ --> H2CO3
H2CO3 --> H2O + CO2

Tujuan

Menetapkan alkalinitas dalam sampel air

Cara Kerja

Prosedur A

  1. Dipipet 50,00 ml sampel ke Erlenmeyer
  2. Ditambahkan 2 – 3 tetes PP, lalu diteteskan 1 tetes Na2CO3
  3. Dicek warnanya :
  4. Jika merah, dititrasi dengan H2SO4 0,02 N hingga TA merah muda seulas
  5. Jika tidak berwarna, lanjut ke prosedur B

Prosedur B

  1. Larutan dari prosedur A ditambahkan 3 tetes BCG
  2. Kemudian dititrasi dengan H2SO4 hingga TA kuning muda

Perhitungan

 

 

Pembahasan

Penetapan alkalinitas dilakukan untuk mengetahui kandungan garam – garam alkali yang terlarut di dalam sampel air. Biasanya alkalinitas disebabkan oleh kandungan garam HCO3- atau CO32-. Karena bersifat alkali, maka air dengan alkalinitas tinggi memiliki pH yang tinggi dan  dapat menetralkan kandungan asam.

Alkalinitas dibagi menjadi 2 jenis, yaitu alkalinitas PP dan alkalinitas total. 

Alkalinitas PP adalah alkalinitas yang disebabkan karena kandungan garam – garam CO32- dalam sampel air. Indikator yang digunakan adalah PP dengan titik akhir merah muda seulas. Saat TA tercapai, maka garam CO32- sudah berubah menjadi HCO32-.

Sedangkan alkalinitas total adalah gabungan antara alkalinitas PP (yang disebabkan karena kandungan CO32-) dan alkalinitas yang disebabkan karena HCO3-. Untuk menetapkan alkalinitas total, maka perlu menetapkan alkalinitas PP dulu karena larutan yang digunakan untuk menetapkan alkalinitas total berasal dari lanjutan alkalinitas PP. Namun bedanya, alkalinitas total menggunakan indikator BCG dengan titik akhir kuning muda.
Yusuf Noer Arifin

Menyukai kreativitas, pemikiran kritis, dan pemecahan masalah. Untuk menghubungi saya, silakan kunjungi halaman kontak ya!

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung di blog ini. Jika berkenan, mohon tinggalkan komentar dengan bahasa yang santun dan tanpa tautan. Semua komentar selalu dibaca meskipun tak semuanya dibalas. Harap maklum dan terima kasih :)

Previous Post Next Post