Anomali Air, Sebuah Fakta Yang Membantah Fakta


     Fenomena Fisika Anomali Air - Pada awalnya, orang mengira jika benda dipanaskan akan selalu mengalami pemuaian volume. Akan tetapi, ternyata tidak semua benda selalu memuai jika dipanaskan, contohnya adalah air. Pada suhu - suhu tertentu, air akan mengalami penyusutan jika dipanaskan. Fenomena ini dinamakan anomali air.
       Jika kita memanaskan air dari suhu -10 Celcius sampai 0 Celcius, maka es akan memuai seperti zat lainnya. Akan tetapi, jika kita memanaskan air dari suhu 0 Celcius sampai 4 Celcius, maka air akan mengalami penyusutan volume dan mencapai volume minimumnya pada 4 Celcius. Air akan kembali normal di atas suhu 4 Celcius. Sifat keterbalikan / ketidakteraturan ini disebut anomali air. Ada beberapa zat yang mengalami anomali, seperti parafin dan bismuth.
     Anomali air sangat bermanfaat bagi kehidupan bawah air di daerah - daerah dingin. Air lebih dingin dengan suhu di bawah 4 Celcius akan memiliki massa jenis yang lebih rendah sehingga akan mengapung ke permukaan. Sedangkan air dengan suhu 4 Celcius akan memiliki massa jenis yang lebih besar sehingga akan tenggelam ke dasar perairan. Akibatnya, air di dasar perairan takkan pernah membeku meskipun pada permukaannya telah terjadi lapisan es. Dengan ini, kehidupan bawah air dapat bertahan hidup meskipun diterpa musim dingin.



pengertian anomali air, definis anomali air, suhu anomali air, cara ikan bertahan hidup saat musim es, air suhu 4 celcius, fakta unik air, sifat anomali
Yusuf Noer Arifin

Menyukai kreativitas, pemikiran kritis, dan pemecahan masalah. Untuk menghubungi saya, silakan kunjungi halaman kontak ya!

1 Comments

Terima kasih sudah berkunjung di blog ini. Jika berkenan, mohon tinggalkan komentar dengan bahasa yang santun dan tanpa tautan. Semua komentar selalu dibaca meskipun tak semuanya dibalas. Harap maklum dan terima kasih :)

Previous Post Next Post