8 Fakta Unik Susu yang Jarang Diketahui Bahkan oleh Penggemarnya

Fakta Unik di Balik Susu

Kamu penggemar susu? Sama dong, saya juga sangat menyukai minuman ini hehehe.

Susu merupakan minuman yang dihasilkan dari kelenjar susu hewan mamalia betina seperti sapi, kambing, domba, unta, dan berbagai mamalia lainnya.

Kandungan susu terdiri atas banyak zat gizi yang bermanfaat bagi manusia:
  • Karbohidrat berupa laktosa,
  • Protein hewani,
  • Lemak, baik tak jenuh maupun jenuh,
  • Mineral seperti kalsium, magnesium, fosfor, zat besi, dan seng.
  • Vitamin seperti vitamin A dan B.

Dilansir dari Healthline, ada banyak manfaat susu yang bisa kamu peroleh setelah meminumnya:
  • Membentuk otot dan mengurangi penurunan otot akibat usia
  • Menjaga kesehatan tulang, mencegah osteoporosis dan kerusakan tulang lainnya
  • Mencegah badan "melebar" secara brutal tak terkendali
  • Menurunkan tekanan darah
  • Memperbaiki mood

Ini Dia 8 Fun Fact Susu yang Mungkin Belum Anda Ketahui


Mungkin kebanyakan orang hanya mengonsumsi susu tanpa mengetahui berbagai fun fact yang menyelimutinya. Padahal susu memiliki banyak fakta unik yang menarik untuk disingkap lho!

Apa sajakah itu? Yuk disimak!

1

Islam dan Susu




Susu merupakan salah satu minuman yang disebut dalam Al-Quran. Allah SWT menjelaskan keajaiban dan manfaat susu dalam QS An-Nahl ayat 66.

"Dan sesungguhnya pada binatang ternak itu benar-benar terdapat pelajaran bagi kamu. Kami memberimu minum dari apa yang berada dalam perutnya (berupa) susu murni di antara kotoran dan darah, yang mudah ditelan bagi orang-orang yang meminumnya." - QS. An-Nahl ayat 66.

Selain itu, Al-Quran yang diturunkan 1400 tahun yang lalu, sudah memberi tahu tentang anjuran periode menyusui bagi manusia jauh sebelum diketahui sains modern.

Anjuran tersebut ada di dalam QS Al-Baqarah ayat 223 dan QS Luqman ayat 14.

"Dan ibu-ibu hendaklah menyusui anak-anaknya selama dua tahun penuh, bagi yang ingin menyusui secara sempurna ..." - QS Al-Baqarah ayat 233.

"Dan Kami perintahkan kepada manusia (agar berbuat baik) kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam usia dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada kedua orang tuamu. Hanya kepada Aku kembalimu." - QS Luqman ayat 14.

Ternyata hal tersebut sejalan dengan rekomendasi oleh WHO dan UNICEF. Menurutnya, 820.000 nyawa balita dapat diselamatkan setiap tahunnya apabila semua anak usia 0-23 bulan disusui dengan baik. Penyusuan mampu meningkatkan IQ dan kehadiran di sekolah, serta berkolerasi positif terhadap pendapatan yang lebih tinggi di fase kehidupan dewasa.

Another fun fact. Dalam sejarah Islam, dikisahkan Rasulullah SAW pernah disuguhkan dan disuruh memilih antara susu dan arak (minuman beralkohol) oleh Malaikat Jibril pada malam Isra' dan Mi'raj.

Setelah memandang keduanya, beliau SAW mengambil susu dan meminumnya. Melihat hal tersebut, Jibril berkata bahwa seandainya saat itu Rasulullah memilih arak, maka umat Islam di masa depan akan berjalan dalam kesesatan. Wallahualam bisshawab.

2

Emulsi Sempurna




Ternyata susu merupakan minuman yang kompleks seperti hubunganku dengan doi wkwkwk.

Sebagaimana kita tahu bahwa susu mengandung banyak zat gizi termasuk karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral. Selain itu, susu juga mengandung peptida bioaktif seperti alfa-laktalbumin, beta-laktoglobulin, laktoferin, serta immunoglobulin yang sangat bermanfaat bagi tubuh.

Dan jangan lupakan komponen terbesar penyusun susu (baca: air). Meskipun sepertinya sepele, namun air memegang peranan penting yaitu menjadi media pendispersi semua zat gizi dan kandungan susu.

Jika sudah belajar prinsip kelarutan dalam kimia, kamu jelas tahu bahwa semua komponen tersebut tidak dapat bercampur dengan mudah. Namun bagaimana mungkin susu bisa menjadi emulsi alami yang paling stabil?

Usut punya usut, ternyata susu memiliki suatu emulsifier alami bernama kasein. Emulsifier tersebut berasal dari golongan protein yang menyusun sekitar 82% protein pada susu.

Keberadaan gugus fungsi  polar dan nonpolar pada kasein membuat lemak dan senyawa nonpolar lainnya dapat bercampur dengan air dan laktosa yang tergolong polar.

3

Si Protektif




Semua makhluk hidup memiliki cara untuk melindungi keturunannya. Mamalia termasuk makhluk hidup yang memiliki mekanisme unik dalam hal ini: mereka mampu memproduksi kolostrum.

Kolostrum merupakan susu yang diproduksi mamalia khusus untuk melindungi anaknya yang baru lahir. Sebagaimana kita tahu bahwa anak yang baru lahir memiliki daya tahan tubuh yang lemah sehingga rentan terhadap lingkungan.

Berbeda dengan susu biasa, kolostrum memiliki warna yang agak kekuningan. Hal ini disebabkan kandungan berbagai protein dan zat antimikroba kolostrum yang jauh lebih tinggi dibandingkan susu biasa. Akan tetapi, kolostrum ternyata mengandung senyawa gula yang lebih sedikit.

Harga kolostrum sendiri jauh lebih mahal dibandingkan susu biasa. Namun hal tersebut wajar mengingat manfaatnya yang sangat baik untuk tubuh. Konon, para konglomerat di China rutin mengonsumsi kolostrum dan ASI untuk menjaganya dari stress dan membuatnya terlihat awet muda.

4

Susu Malam




Menurut Journal of Medicinal Food, susu yang diperah pada malam hari memiliki kualitas yang lebih bagus dibandingkan pada siang hari.

Rupanya hal tersebut disebabkan karena susu yang diperah pada malam hari mengandung asam amino bernama triptofan serta hormon melatonin. Kedua zat tersebut diketahui memiliki efek menenangkan dan menstimulasi rasa mengantuk.

Hasil penelitian tersebut mengungkapkan bahwa susu yang diperah pada malam hari mengandung triptofan sebanyak 24% lebih tinggi, sedangkan melatonin 872% lebih tinggi dari susu yang diperah siang hari.

5

Summer vs Winter




Mungkin susu sapi yang diproduksi di negara tropis seperti Indonesia tidak begitu mengalami perbedaan komposisi sepanjang tahun.

Tetapi hal ini tidak berlaku di negara subtropis dengan empat musim.

Berdasarkan European Journal of Experimental Biology tahun 2014, susu yang diperah saat musim panas memiliki kandungan protein, lemak, dan padatan terlarut yang lebih besar dibandingkan saat musim dingin.

Hal ini disebabkan karena sapi memperoleh pakan yang lebih baik pada musim panas. Bagaimana pun pakan instan yang diberikan saat musim dingin tidak bisa dibandingkan kualitasnya dengan rumput hijau yang segar saat musim panas.

Selain itu, susu yang dihasilkan saat musim panas ternyata memiliki kandungan mikroba yang lebih rendah dibandingkan musim dingin. Lho, kok bisa?

Dalam kasus ini, kelembapan udara merupakan faktor yang paling berpengaruh.

Pada musim panas, sapi sering dikeluarkan dari kandang sehingga bermandikan cahaya matahari. Sebaliknya, sapi akan terus berada di kandang yang relatif lembab saat musim dingin sehingga mikroba pun berkembang lebih banyak.

6

Gula Susu




Laktosa termasuk gula disakarida, yaitu gula yang tersusun atas dua unit monosakarida berupa glukosa dan galaktosa.

Karena terdapat pada susu dan produk turunannya, maka laktosa sering dijuluki sebagai "gula susu".

Laktosa yang masuk ke dalam tubuh akan dicerna menjadi gula yang lebih sederhana yaitu glukosa dan galaktosa. Kedua gula tersebut lalu akan diserap ke peredaran darah dan digunakan sebagai sumber energi.

Pemecahan molekul laktosa ini membutuhkan suatu enzim hidrolase yang dinamakan laktase yang diproduksi di usus halus. Beberapa orang tidak bisa memproduksi enzim ini sehingga mengalami lactose intolerance. Perlu digarisbawahi bahwa lactose intolerance berbeda dengan alergi terhadap susu ya!

Menurut Asia Pacific Journal of Clinical Nutrition tahun 2015, ada beberapa tanda yang lazim dialami anak Indonesia yang mengalami lactose intolerance setelah mengonsumsi susu, seperti:
  • Diare,
  • Flatulensi,
  • Rasa mual atau muntah, dan
  • Perut kembung atau nyeri.

7

Kasih Sayang Ibu




Tak dapat dibantah, susu merupakan manifestasi nyata cinta kasih seorang ibu kepada anaknya, tidak peduli spesies apapun itu.

Tahukah kamu bahwa susu dibuat dari nutrisi yang dimiliki sang ibu. Nutrisi tersebut berasal dari dua sumber yaitu dibuat langsung dan difiltrasi dari darah sang ibu. Kedua tahapan ini berlangsung di kelenjar susu yang terdiri dari jutaan alveolus.

Faktanya dibutuhkan darah sebanyak 400-800 liter untuk membawa komponen nutrisi yang dibutuhkan untuk membuat 1 liter susu.

Jangan lupa berterima kasih dan berkasih sayang kepada ibumu ya!

8

Hormon Cinta




Rasa cinta merupakan anugerah yang dikarunakan Tuhan kepada beberapa makhluk ciptaan-Nya, seperti manusia. Cinta sudah merasuk ke jiwa manusia, mungkin sampai DNA-nya.

Well, ada benarnya juga sih. Manusia adalah makhluk yang dibekali cinta sampai ke DNA-nya. Terbukti dengan kehadiran "hormon cinta" dalam diri manusia.

"Hormon cinta" atau yang diketahui bernama oksitosin ini ternyata memiliki peranan penting di dalam tubuh manusia khususnya wanita. Hormon ini membantu kontraksi rahim sebagai tanda menjelang kelahiran.

Selain itu, oksitosin juga memegang peranan penting dalam kejiwaan manusia seperti orgasme, hubungan seksual, kedekatan sosial, sifat keibuan, dan berbagai perilaku positif lainnya yang dilandasi cinta.

Bahkan konon hormon ini berperan dalam menentukan perasaan cinta seseorang lho. Misalnya, pernahkah kamu mengalami perasaan yang berbeda saat menatap lawan jenis yang kamu sukai? Anehnya, perasaan itu tidak muncul saat melihat lawan jenis selain dia. Hayoo, gimana tuh?

Wait, terus apa kaitannya sama susu? Wkwk

Jadi, ternyata ada satu lagi fungsi oksitosin lho guys! Hormon oksitosin ternyata mampu merangsang produksi susu pada wanita sehingga jumlah susu yang dihasilkan lebih banyak.

Pemerah umum melakukan beberapa cara berikut agar oksitosin pada hewan penghasil susunya semakin banyak:
  • Pemijatan pada puting susu,
  • Pengelapan tubuh hewan dengan lap basah, atau
  • Penghadiran anaknya di depan mata si induk.

Selain itu, hewan perah yang didengarkan musik konon akan menghasilkan lebih banyak susu saat diperah. Namun sampai saat ini belum ada penelitian lebih lanjut mengenai efek musik terhadap hormon oksitosin.

Penutup...


Di balik sejuta manfaatnya, ternyata ada banyak kan fakta unik seputar susu. Berapa fakta di atas yang sudah kamu ketahui?

Komoditas peternakan ini banyak dikonsumsi, tetapi sayangnya masih sedikit yang mengetahui cara meminum susu dengan baik dan benar untuk memperoleh manfaatnya secara utuh.

Kamu bisa klik link di atas untuk membacanya lebih lanjut.

Ada tanggapan? Jangan lupa tinggalkan komentar di bawah ya!
Yusuf Noer Arifin

Menyukai kreativitas, pemikiran kritis, dan pemecahan masalah. Untuk menghubungi saya, silakan kunjungi halaman kontak ya!

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung di blog ini. Jika berkenan, mohon tinggalkan komentar dengan bahasa yang santun dan tanpa tautan. Semua komentar selalu dibaca meskipun tak semuanya dibalas. Harap maklum dan terima kasih :)

Previous Post Next Post