MASIGNALPHA102
8411406643491109227

8 Fakta Unik Susu yang Jarang Diketahui Bahkan oleh Penggemarnya

8 Fakta Unik Susu yang Jarang Diketahui Bahkan oleh Penggemarnya
7/19/2019
Fakta Unik di Balik Susu

Kamu penggemar susu? Sama dong, saya juga sangat menyukai minuman ini hehehe.

Susu merupakan minuman yang dihasilkan dari kelenjar susu hewan mamalia betina seperti sapi, kambing, domba, unta, dan berbagai mamalia lainnya.

Kandungan susu terdiri atas banyak zat gizi yang bermanfaat bagi manusia:
  • Karbohidrat seperti laktosa, inulin, dan prebiotik.
  • Protein hewani,
  • Lemak, baik tak jenuh maupun jenuh,
  • Mineral seperti kalsium, magnesium, fosfor, zat besi, dan seng.
  • Vitamin seperti vitamin A dan B.

Dilansir dari Healthline, ada banyak manfaat susu yang bisa kamu peroleh setelah meminumnya:
  • Membentuk otot dan mengurangi penurunan otot akibat usia
  • Menjaga kesehatan tulang, mencegah osteoporosis dan kerusakan tulang lainnya
  • Mencegah badan "melebar" secara brutal tak terkendali
  • Menurunkan tekanan darah
  • Memperbaiki mood

7 Fun Fact Susu yang Mungkin Tidak Pernah Anda Ketahui


Mungkin kebanyakan orang hanya mengonsumsi susu tanpa mengetahui berbagai fun fact yang menyelimutinya. Padahal susu memiliki banyak fakta unik yang menarik untuk disingkap lho!

Apa sajakah itu? Yuk disimak!

1

Susu dalam Islam




Susu merupakan salah satu minuman yang disebut dalam Al-Quran. Allah SWT menjelaskan keajaiban dan manfaat susu dalam QS An-Nahl ayat 66.

"Dan sesungguhnya pada binatang ternak itu benar-benar terdapat pelajaran bagi kamu. Kami memberimu minum dari apa yang berada dalam perutnya (berupa) susu murni di antara kotoran dan darah, yang mudah ditelan bagi orang-orang yang meminumnya." - QS. An-Nahl ayat 66.

Selain itu, Al-Quran juga memberi tahu tentang anjuran periode menyusui bagi manusia jauh sebelum sains modern mengetahuinya.

Anjuran tersebut ada di dalam QS Al-Baqarah ayat 223 dan QS Luqman ayat 14.

"Dan ibu-ibu hendaklah menyusui anak-anaknya selama dua tahun penuh, bagi yang ingin menyusui secara sempurna ..." - QS Al-Baqarah ayat 223.

"Dan Kami perintahkan kepada manusia (agar berbuat baik) kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam usia dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada kedua orang tuamu. Hanya kepada Aku kembalimu." - QS Luqman ayat 14.

Bahkan sejarah Islam mencatat yang diriwayatkan dalam suatu Hadits Bukhari, Rasulullah SAW pernah disuruh memilih antara susu dan arak oleh Malaikat Jibril pada malam Isra' dan Mi'raj.

Setelah memandang keduanya, beliau mengambil susu dan meminumnya. Seandainya saat itu Rasulullah memilih arak, Jibril berkata bahwa umat Islam akan berjalan dalam kesesatan. Wallahualam bisshawab.

2

Emulsi Sempurna




Susu merupakan minuman yang kompleks, sekompleks hubungan aku sama doi wkwkwk.

Sebagaimana kita tahu bahwa susu mengandung banyak zat gizi, termasuk karbohidrat, protein, lemak, dan vitamin. Semua zat tersebut adalah makromolekul, yaitu senyawa yang memiliki massa molekul yang besar.

Dan jangan lupakan komponen terbesar penyusun susu (baca: air).

Jika kamu sudah belajar prinsip kelarutan dalam kimia, maka kamu jelas tahu bahwa semua komponen tersebut tidak mungkin bercampur dengan mudah. Namun bagaimana mungkin susu bisa menjadi emulsi alami yang paling stabil?

Usut punya usut, ternyata susu memiliki suatu emulsifier yang bernama kasein. Emulsifier ini berasal dari golongan protein yang menyusun sekitar 82% protein pada susu.

Keberadaan gugus yang bersifat polar dan nonpolar pada kasein membuat lemak dan berbagai senyawa nonpolar lainnya dapat bercampur dengan air, gula, dan senyawa polar lain.

3

Si Protektif




Semua makhluk hidup memiliki cara untuk melindungi keturunannya. Mamalia termasuk makhluk hidup yang memiliki mekanisme unik dalam hal ini: mereka mampu memproduksi kolostrum.

Kolostrum merupakan susu yang diproduksi mamalia khusus untuk melindungi anaknya yang baru lahir. Sebagaimana kita ketahui bahwa anak yang baru lahir memiliki daya tahan tubuh yang rentan terhadap lingkungan.

Berbeda dengan susu biasa, kolostrum memiliki warna yang agak kekuningan. Hal ini disebabkan karena kolostrum mengandung berbagai protein dan zat antimikroba yang jauh lebih tinggi dibandingkan susu biasa, tetapi dengan kandungan gula yang lebih rendah.

Harga kolostrum sendiri jauh lebih mahal dibandingkan susu biasa. Namun hal itu setara dengan manfaatnya bagi tubuh.

4

Susu Malam




Menurut Journal of Medicinal Food, susu yang diperah pada malam hari memiliki kualitas yang lebih bagus dibandingkan pada siang hari.

Rupanya hal tersebut disebabkan karena susu yang diperah pada malam hari mengandung asam amino triptofan dan hormon melatonin. Kedua zat tersebut diketahui memiliki efek sebagai penenang dan penstimulan rasa mengantuk.

Hasil penelitian tersebut mengungkapkan bahwa susu yang diperah pada malam hari mengandung triptofan sebanyak 24% lebih tinggi, sedangkan melatonin sebanyak 872% lebih tinggi dari susu yang diperah siang hari.

5

Summer vs Winter




Mungkin susu sapi yang diproduksi di negara tropis seperti Indonesia tidak begitu mengalami perbedaan komposisi sepanjang tahun.

Tetapi hal ini tidak berlaku di negara subtropis dengan empat musim.

Berdasarkan European Journal of Experimental Biology tahun 2014, susu yang diperah saat musim panas memiliki kandungan protein, lemak, dan padatan terlarut yang lebih besar dibandingkan saat musim dingin.

Hal ini disebabkan karena sapi memperoleh pakan yang lebih baik pada musim panas. Bagaimana pun pakan instan yang diberikan saat musim dingin tidak akan pernah bisa dibandingkan kualitasnya dengan rumput segar musim panas.

Selain itu, susu yang dihasilkan saat musim panas ternyata memiliki kandungan mikroba yang lebih rendah dibandingkan musim dingin. Lho, kok bisa?

Ternyata, suhu bukanlah faktor utama yang memengaruhi hal ini. Dalam kasus ini, kelembapan adalah yang sangat berpengaruh dalam microbial load.

Pada musim panas, sapi akan banyak berada di luar kandang dan bermandikan cahaya matahari. Berbeda dengan saat musim dingin, sapi akan terus berada di kandang yang lembab sehingga mikroba pun berkembang lebih banyak.

6

Gula Susu




Laktosa merupakan suatu senyawa yang tergolong disakarida, yaitu gula yang tersusun atas dua monosakarida berupa glukosa dan galaktosa.

Karena terdapat pada susu dan produk turunannya, maka laktosa sering dijuluki sebagai "gula susu".

Laktosa yang masuk ke dalam tubuh akan dicerna menjadi gula yang lebih sederhana yaitu glukosa dan galaktosa. Kedua gula tersebut lalu akan diabsorb ke peredaran darah dan digunakan sebagai sumber energi.

Pemecahan molekul laktosa ini membutuhkan suatu enzim hidrolase yang dinamakan laktase. Enzim ini diproduksi di usus halus. Beberapa orang tidak bisa memproduksi enzim ini sehingga mengalami lactose intolerance. Perlu digarisbawahi bahwa lactose intolerance berbeda dengan alergi susu.

Menurut Asia Pacific Journal of Clinical Nutrition tahun 2015, ada beberapa tanda yang lazim dialami anak Indonesia yang mengalami lactose intolerance seperti:
  • Diare,
  • Flatulensi,
  • Rasa mual atau muntah, dan
  • Perut kembung atau nyeri.

7

Kasih Sayang Ibu




Tak dapat dibantah, susu merupakan manifestasi nyata cinta kasih seorang ibu kepada anaknya, tidak peduli spesies apapun itu.

Tahukah kamu bahwa susu dibuat dari nutrisi yang dimiliki sang ibu. Nutrisi tersebut berasal dari dua sumber yaitu dibuat langsung dan difiltrasi dari darah sang ibu. Kedua tahapan ini berlangsung di kelenjar susu yang terdiri dari jutaan alveolus.

Faktanya dibutuhkan darah sebanyak 400-800 liter untuk membawa komponen nutrisi yang dibutuhkan untuk membuat 1 liter susu.

Jangan lupa berterima kasih dan berkasih sayang kepada ibumu ya!

8

Hormon Cinta




Manusia merupakan makhluk yang dibekali perasaan cinta. Kalau ngikutin gaya bicara generasi milenial, "Udah cinta sampai ke gen".

Well, ada benarnya juga sih. Manusia adalah makhluk yang dibekali cinta sampai ke gennya. Terbukti dengan kehadiran "hormon cinta" dalam diri manusia.

Hormon cinta yang diketahui bernama oksitosin ini ternyata memiliki peranan penting di dalam tubuh wanita. Hormon ini membantu kontraksi rahim sebagai tanda menjelang kelahiran.

Selain itu, oksitosin juga memegang peranan penting dalam kejiwaan manusia seperti orgasme, hubungan seksual, kedekatan sosial, sifat keibuan, dan berbagai perilaku positif lainnya yang diiringi perasaan cinta.

Bahkan konon hormon ini berperan dalam menentukan perasaan cinta seseorang lho. Misalnya bagi seorang pria, pernah ngalamin nggak rasa sumringah dan degdegan ketika melihat wanita yang dicintai, tapi rasanya berbeda ketika melihat wanita lain. Unch, romantis banget ya!

Wait, terus di mana kaitannya sama susu? Wkwk

Jadi, ternyata ada satu lagi fungsi oksitosin lho guys! Hormon oksitosin mampu merangsang sekresi susu pada wanita sehingga jumlah susu yang dihasilkan lebih banyak.

Pada hewan perah, pemerah melakukan beberapa cara agar sekresi oksitosin dapat ditingkatkan seperti:
  • Pemijatan pada puting susu,
  • Pengolesan tubuh hewan dengan lap basah, atau
  • Penghadiran anaknya di depan mata si induk.

Selain itu, sapi yang didengarkan musik akan menghasilkan lebih banyak susu saat diperah. Sampai saat ini belum ada penelitian lebih lanjut mengenai efek pendengaran musik terhadap sekresi hormon oksitosin.

Penutup...


Di balik sejuta manfaatnya, ternyata ada banyak lho fakta unik seputar susu. Komoditas peternakan ini banyak dikonsumsi, tetapi sayangnya masih sedikit yang mengetahui cara meminum susu dengan baik dan benar untuk memperoleh manfaatnya secara utuh.

Kamu bisa klik link di atas untuk membacanya lebih lanjut.

Ada pertanyaan? Jangan lupa tinggalkan komentar ya!
Yusuf Noer Arifin

Seorang mahasiswa sekaligus blogger yang menaruh minat pada kreativitas, pendidikan, musik, dan blogging. Untuk keperluan bisnis, silakan kunjungi halaman kontak.

Terima kasih sudah berkunjung di website ini.

Jika berkenan, mohon berkomentar yang RELEVAN dengan bahasa yang santun.

Semua komentar selalu saya baca meskipun tidak semuanya dibalas. Harap maklum :)