Contoh Teks Eksplanasi Beserta Strukturnya


Hai kalian semua! Apa kabar?

Tulisan kali ini akan membahas mengenai contoh teks eksplanasi tentang fenomena alam yaitu gerhana matahari.

Oh iya, sudah pada tahu apakah itu teks eksplanasi? Teks eksplanasi adalah teks yang bertujuan untuk menjelaskan proses terjadinya suatu fenomena baik itu fenomena  alam maupun sosial.
 
Baiklah, langsung saja ini dia teks eksplanasi tentang gerhana matahari!

Gerhana Matahari


Gerhana matahari terjadi ketika posisi bulan terletak di antara bumi dan matahari sehingga menutup sebagian atau seluruh cahaya matahari. Walaupun bulan lebih kecil, bayangan bulan mampu melindungi cahaya matahari sepenuhnya karena bulan yang berjarak rata-rata 384.400 kilometer dari bumi lebih dekat dibandingkan matahari yang mempunyai jarak rata-rata 149.680.000 kilometer. Gerhana matahari dapat dibagi menjadi empat jenis, yaitu gerhana matahari total, gerhana matahari sebagian, gerhana matahari cincin, dan gerhana matahari hibrida.

Gerhana Matahari Total                                           

Apabila saat puncak gerhana, piringan matahari ditutup sepenuhnya oleh piringan bulan, maka terjadilah gerhana matahari total. Saat itu, piringan bulan sama besar atau lebih besar dari piringan matahari. Ukuran piringan matahari dan piringan bulan sendiri berubah-ubah tergantung pada masing – masing jarak bumi-bulan dan bumi-matahari

Gerhana Matahari Sebagian                                                

Gerhana matahari sebagian terjadi apabila piringan bulan (saat puncak gerhana) hanya menutup sebagian dari piringan matahari. Pada gerhana ini, selalu ada bagian dari piringan matahari yang tidak tertutup oleh piringan bulan.

Gerhana Matahari Cincin

Gerhana matahari cincin terjadi apabila piringan bulan (saat puncak gerhana) hanya menutup sebagian dari piringan matahari. Gerhana jenis ini terjadi apabila ukuran piringan bulan lebih kecil dari piringan matahari. Akibatnya, ketika piringan bulan berada di depan piringan matahari, tidak seluruh piringan matahari akan tertutup oleh piringan bulan. Bagian piringan matahari yang tidak tertutup oleh piringan bulan, berada di sekeliling piringan bulan dan terlihat seperti cincin yang bercahaya.

Gerhana Matahari Hibrida

Gerhana matahari hibrida bergeser antara gerhana total dan cincin. Pada titik tertentu di permukaan bumi, gerhana ini muncul sebagai gerhana total, sedangkan pada titik-titik lain muncul sebagai gerhana cincin. Gerhana hibrida relatif jarang.

Mengamati Gerhana Matahari          

Melihat secara langsung ke fotosfer matahari (bagian cincin terang dari matahari) walaupun hanya dalam beberapa detik dapat mengakibatkan kerusakan permanen retina mata karena radiasi tinggi yang tak terlihat yang dipancarkan dari fotosfer. Kerusakan yang ditimbulkan dapat mengakibatkan kebutaan. Mengamati gerhana matahari membutuhkan pelindung mata khusus atau dengan menggunakan metode melihat secara tidak langsung. Kaca mata sunglasses tidak aman untuk digunakan karena tidak menyaring radiasi inframerah yang dapat merusak retina mata. Karena cepatnya peredaran bumi mengitari matahari, gerhana matahari tak mungkin berlangsung lebih dari 7 menit 58 detik. Jadi, jika ingin melihatnya lakukanlah sesegera mungkin.


Keterangan warna tulisan:

Merah adalah konjungsi sebab akibat               
Hijau adalah  verba sebab akibat
Biru adalah kata kerja relasional
Cokelat adalah nomina sebab akibat
Ungu adalah kata kerja material

Sumber : Click Here

Semoga bermanfaat ya, terima kasih telah membaca teks eksplanasi mengenai gerhana matahari.

Silakan berkomentar apabila ada yang tidak dimengerti.

contoh teks eksplanasi, contoh teks eksplanasi tentang alam, contoh teks eksplanasi alam dengan struktur, contoh teks eksplanasi gerhana matahari, contoh teks eksplanasi struktur, contoh teks eksplanasi dengan strukturnya
Yusuf Noer Arifin

Menyukai kreativitas, pemikiran kritis, dan pemecahan masalah. Untuk menghubungi saya, silakan kunjungi halaman kontak ya!

10 Comments

Terima kasih sudah berkunjung di blog ini. Jika berkenan, mohon tinggalkan komentar dengan bahasa yang santun dan tanpa tautan. Semua komentar selalu dibaca meskipun tak semuanya dibalas. Harap maklum dan terima kasih :)

Previous Post Next Post