MASIGNALPHA102
8411406643491109227

Astra Financial dan MOXA App: Solusi Keuangan Terlengkap dan Terpercaya bagi Keluarga Indonesia

Astra Financial dan MOXA App: Solusi Keuangan Terlengkap dan Terpercaya bagi Keluarga Indonesia
9/09/2021

Breemm, breemmm...

Suara knalpot yang terdengar berat dan sangar itu rupanya muncul ketika seorang kawanku memainkan tarikan gas motornya, bak pembalap di sirkuit. Black Mamba, julukan yang diberikan kawanku untuk motor sport kesayangannya itu, sudah biasa saya tumpangi saat kami ingin latihan band di studio musik. Setiap melewati berbagai sudut jalanan di Kota Hujan, Black Mamba selalu sukses menyita perhatian setiap orang yang melihatnya.

Walaupun sering melihat Black Mamba, tapi tetap saja ngga ada bosannya. Dilihat dari sudut mana pun, motor sport ini beneran bikin penggunanya semakin gagah dan berwibawa. Apalagi kalau warnanya hitam legam, makin macho bro!

Ibarat remaja yang sedang dimabuk cinta, saya sangat bersemangat untuk mencari tahu seluk beluk tentang motor sport, mulai dari merk, spesifikasi, hingga harganya. Ketika Googling saya cuma bisa mengelus dada. Harganya itu lhoo, ehemmm, mahal woy! Sebagai contoh, motor sport Honda CBR150R dibandrol mulai dari 35 jutaan untuk kondisi baru, sedangkan bisa turun 10-30% untuk kondisi bekas.

Sebenarnya, mahal dan murah itu relatif bagi setiap orang. Bagi saya pribadi, jangankan yang baru, yang second saja sudah terbilang sangat mahal. Namun bagi para sultan dan crazy rich seperti selebgram Sisca Kohl, uang segitu mungkin hanya jadi ganjelan dompet saja.

Kalau mau menabung dahulu sebenarnya sah-sah saja sih, tapi menunggunya itu lhoo... lama! Kalau kasusnya seperti keinginan saya di atas, rasanya masih bisa ditahan. Lagipula, itu kan kepentingan tersier. Namun ceritanya tentu akan berbeda jika menyangkut kebutuhan keluarga. Rasanya ingin buru-buru mewujudkannya, bukan?

Suatu ketika, saya menemukan Astra Financial yang sudah terkenal luas sebagai salah satu pelopor layanan keuangan terbaik bagi keluarga Indonesia. Layanan keuangannya terbilang sangat lengkap, mencakup skala perusahaan, serta keluarga dan individu.


Lantas mengapa julukan "solusi keuangan terbaik" pantas disematkan kepada Astra Financial? Berikut saya rangkum faktanya yah!

Berada di Naungan Astra International (ASII)


Sesuai namanya, Astra Financial merupakan brand layanan keuangan di bawah nama besar Astra International (ASII), salah satu perusahaan blue chip nasional yang tahun ini menginjak usia 64 tahun.

Ketika mendengar nama Astra, mungkin kebanyakan orang langsung teringat industri otomotif dan kendaraan bermotor. Tidak salah sih, sebab Astra menguasai 50.3% pangsa pasar mobil dan 68.7% pangsa pasar sepeda motor di Indonesia.

Di samping kesuksesannya pada bisnis otomotif, ASII sebenarnya masih memiliki banyak lini bisnis termasuk salah satunya adalah layanan keuangan. Astra Financial sendiri mengusung lima pilar usaha, yaitu pembiayaan, asuransi, dana ventura, financial technology (fintech), dan dana pensiun yang dijalankan secara profesional oleh 11 anak perusahaan Astra lho!


Terdaftar dan Diawasi OJK


Di luar sana, masih kerap dijumpai layanan keuangan abal-abal yang tentunya sangat berisiko. Bahkan, rasanya sudah tak asing lagi ketika mendengar pemberitaan terkait kasus penipuan dan penggelapan dana nasabah.

Beranak dari hal tersebut, telah menjadi suatu keharusan bagi kita untuk memilih layanan keuangan yang terdaftar dan di bawah pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Lembaga independen di bawah Kementerian Keuangan tersebut bertugas menciptakan akuntabilitas, transparansi, dan keamanan pada sektor jasa keuangan.

Kabar baiknya, seluruh perusahaan di bawah Astra Financial telah terdaftar dan diawasi langsung oleh OJK. Tentu saja kita semua bisa tidur nyenyak tanpa harus khawatir penyelewengan terhadap aset finansial yang kita percayakan.

Jangkauan Luas dan Terpercaya


Selama 38 tahun menemani keuangan masyarakat Indonesia, Astra Financial terus berekspansi melalui 1.100 cabang dan 34.000 pegawai yang tersebar di seluruh pelosok Indonesia, serta akan terus bertambah seiring waktu.

Tidak hanya itu. Astra Financial telah mengelola aset sebesar 131 trilliun Rupiah, sekaligus membuktikan bahwa Astra Financial memang menjadi pilihan banyak konsumen.


Sesuai misinya sebagai "rekan bagi masyarakat Indonesia menjadi sejahtera", Astra Financial hadir dengan solusi keuangan dari A sampai Z. Bahkan saking lengkapnya, berbagai layanan yang ditawarkan oleh Astra Financial bisa mencakup rencana masa depan keuangan bagi keluarga Indonesia lho!

Setelah mengetahui berbagai fakta tersebut, tentunya semakin penasaran dengan solusi keuangan yang diusung oleh Astra Financial kan? Oleh karenanya, simak ulasan berikut ini sampai tuntas yah!

#1 Solusi Pembiayaan


Solusi keuangan Astra Financial yang pertama kali saya bahas tidak lain dan tidak bukan adalah,,, (drum roll)... Pembiayaan! Rasanya tidak aneh jika layanan pembiayaan nomor wahid dari Astra Financial tidak jauh dari kendaraan bermotor, mengingat bahwa bisnis inti Astra yang paling utama adalah otomotif.

Selama 9 tahun lamanya, saya pribadi merupakan pengguna setia moda transportasi umum. Selain menghasilkan jejak karbon relatif yang lebih sedikit, transportasi umum juga turut membantu menggerakkan perekonomian. Hingga suatu saat, saya menyadari ternyata kendaraan pribadi juga perlu untuk travelling yang lebih fleksibel, apalagi jika membawa sanak keluarga.

Pucuk dicinta, ulam pun tiba. Ternyata layanan pembiayaan Astra Financial melalui Astra Credit Companies (ACC) dan FIFASTRA memungkinkan saya untuk memboyong kendaraan bermotor impian, baik kondisi baru maupun bekas dengan pilihan yang beragam. For your information, ACC mendukung pembiayaan dari 20 brand mobil, sedangkan FIFASTRA bisa membiayai semua tipe sepeda motor Honda.


Kalau ditanya tentang mobil impian, saya mungkin akan menjawab Lexus LC500 berwarna Onyx. Mobil mewah keluaran Lexus, salah satu anak perusahaan Toyota ini benar-benar menggugah mata baik interior maupun eksteriornya. Selain ACC, Astra Financial ternyata punya brand lain bernama Toyota Astra Finance (TAF) yang melayani pembiayaan mobil bermerk Toyota, Daihatsu, dan Lexus.

Salah satu yang membuat TAF layak dipertimbangkan adalah promonya! Yup, hampir setiap bulan TAF punya promo lho. Sebagai contoh, saat ini TAF sedang menyediakan 6 promo dari Februari sampai akhir tahun ini.

Selain solusi pembiayaan, TAF juga memiliki layanan inovatif bernama Kinto. Layanan penyewaan mobil baru maupun bekas ini sangat cocok untuk konsumen yang ingin menggunakan mobil dari segi fungsionalitasnya saja. Sesuai tagline-nya "Pakai Mobil, Nggak Pakai Ribetnya", Kinto menyediakan paket berlangganan mobil yang sudah termasuk full service seperti:
  • Bantuan darurat di jalan,
  • Servis berkala,
  • Penggantian aki, ban, dan sparepart,
  • Perpanjangan pajak dan STNK, hingga
  • Asuransi.
Dengan Kinto, konsumen bisa berlangganan mobil dengan merk, tipe, dan warna sesuai keinginannya tanpa harus pusing memikirkan perawatan dan administrasinya. Tak hanya itu, konsumen juga bisa memilih durasi berlangganan mulai dari 1-3 tahun, dan paket penggunaannya antara 15.000-40.000 km per tahunnya. Opsi tersebut memungkinkan konsumen menyesuaikan dengan kebutuhan dan budget-nya.


Salah satu kelebihan layanan pembiayaan Astra Financial adalah tersedianya "layanan kebalikan". Kalau tadi kasusnya seseorang belum namun ingin memiliki, sekarang kasusnya dibalik: sudah punya tapi kepepet perlu cash money dalam waktu cepat, Nah di sinilah momen ajaibnya.

Astra Financial juga menawarkan fasilitas penyediaan dana dengan jaminan BPKB mobil (melalui brand ACC) maupun sepeda motor (brand DANASTRA). Hanya dalam tiga hari saja, nasabah bisa mendapatkan uang tunai hingga ratusan juta Rupiah untuk jaminan BPKB mobil, atau maksimal 20 juta untuk jaminan BPKB motor. Uangnya tentu bisa dipakai untuk berbagai keperluan seperti modal usaha, uang pendidikan, pengobatan, renovasi rumah, hingga modal nikah hehe.


Jika layanan pembiayaan lainnya cenderung fokus terhadap kalangan mapan dan sudah berkeluarga, Astra Financial ternyata juga punya layanan yang diperuntukkan khusus bagi milenial yang belum mempunyai aset mahal.

Milenial yang berprofesi sebagai pekerja kreatif seperti saya tentu membutuhkan "alat tempur" yang mumpuni. Sebagai seorang blogger, memiliki laptop baru dengan kinerja tangguh nan super cepat menjadi salah satu resolusi utamaku di tahun 2021 yang kini hanya tersisa 4 bulan saja.

Tak perlu khawatir, sebab Astra Financial melalui brand SPEKTRA hadir untuk mewujudkan impian tersebut. Hanya dengan KTP saja, SPEKTRA bisa membiayai pembelian elektronik, furnitur, gadget, produk IT, sepeda, dan kamera. Menariknya, SPEKTRA sudah menjalin kemitraan dengan banyak toko. Psstt, proses persetujuannya maksimal hanya dalam 60 menit! Pantas saja SPEKTRA telah dipercaya oleh lebih dari 70 ribu konsumen setiap bulannya.


Kalau dari tadi bahasan kita hanya seputar pembiayaan harta benda keduniawian saja, sekarang kita beralih ke pembiayaan yang sifatnya experience. Yup, perjalanan religi!

Siapa sih yang tak bercita-cita ingin mengunjungi "rumah" Tuhan yang ada di bumi? Saya pribadi selalu "merinding" ketika membayangkan betapa khidmatnya suasana tawaf (mengelilingi Ka'bah sebanyak 7 kali) dan berbagai ritual ibadah lainnya dalam rangka menunaikan ibadah Haji ataupun Umrah. Rasanya ingin sekali mengajak orang tua (Aamiin).

Tak perlu repot, pembiayaan ibadah Haji dan Umrah juga ditawarkan oleh Astra Financial melalui brand AMITRA. Selain persyaratannya yang mudah (hanya perlu KTP dan KK), AMITRA juga memungkinkan nasabahnya untuk berangkat Haji dan Umroh sebelum angsurannya lunas. So, nggak perlu khawatir bakalan ketinggalan rombongan atau mengundur keberangkatan!


Lokasi pembayaran cicilan Astra Financial sangat mudah dijangkau seperti melalui
  • ATM (BCA, BRI, OCBC/NISP, Permata Bank, BTN, BNI, Mandiri),
  • Kantor pos,
  • Agen Pospay,
  • Alfamart, Alfamidi, dan AlfaExpress,
  • Lawson,
  • Indomaret,
  • KIPO,
  • Dealer Honda dengan kasir FIFGROUP, serta
  • Seluruh kantor cabang FIFGROUP.

Di mana pun domisilinya, saya rasa tidaklah sulit menemukan minimal satu dari seluruh lokasi tersebut. Alhasil, tak perlu pergi jauh-jauh untuk membayar cicilan Astra Financial.

Kita sudah membahas semua layanan, namun masih ada satu fitur keren yang sayang untuk dilewatkan. Astra Financial menyediakan "Simulasi Cicilan", sebuah fitur canggih yang sangat membantu kita untuk memperkirakan besar cicilan yang harus dibayar setiap bulannya.

Kamu hanya tinggal mengisi formulir online sesuai kondisi dan keinginanmu. Dan... voila! Keluar deh berapa biaya DP dan angsuran bulanan hanya dengan klik-klik saja. Malahan bisa sambil tiduran di sofa kan, hehe.


#2 Solusi Proteksi


Menjalani hidup dengan penuh ketenangan adalah dambaan semua orang. Meskipun demikian, roda kehidupan tentu berputar. Tidak seperti promo harbolnas yang datang dengan notifikasi, tidak ada yang yang tahu kapan datangnya ujian kehidupan. Asuransi adalah salah satu cara untuk meminimalisir dampak negatif yang mungkin ditimbulkan dari suatu musibah.

Saya pertama kali menyadari pentingnya asuransi saat dua tahun lalu, tepatnya ketika mamah sakit. Saat itu bertepatan dengan mewabahnya COVID-19 di Indonesia, kami sekeluarga dihadapkan pada situasi ekonomi yang tidak stabil. Ditambah lagi, mamah belum punya asuransi kesehatan. Qadarullah, mamah berpulang ke hadirat-Nya setelah 5 bulan berjuang melawan penyakit. Musibah tersebut merupakan suratan takdir yang sangat menampar, sekaligus menyadarkan saya akan pentingnya tindakan preventif.

Menyadari problematika serupa yang menimpa banyak orang di luar sana, Astra Financial pun menawarkan solusi melalui kedua brand asuransinya, Astra Life dan Astra Buana. Eitts, meskipun keduanya sama-sama asuransi, namun tetap ada perbedaannya.

Astra Life berfokus pada tiga produk asuransi meliputi karyawan perusahaan, individu, serta syariah. Khusus untuk asuransi karyawan dan individu, tersedia 3 varian untuk asuransi karyawan dan 5 varian untuk asuransi individu. Dengan benefit yang berbeda-beda, kedelapan varian asuransi tersebut memudahkan nasabah untuk memilih produk yang paling sesuai dengan kebutuhan proteksinya.

Perbedaan paket asuransi individu Astra Life (sumber gambar: Astra Life)

Sedangkan asuransi syariah lebih fokus pada segmentasi individu jika mengalami ketidakmampuan total sementara maupun permanen serta kematian.

Sejak tahun 2014, Astra Life telah meraih kepercayaan dari 3,3 juta nasabah, dengan total aset bernilai fantastis sebesar 6,7 trilliun Rupiah. Hal tersebut menunjukkan bahwa Astra Life merupakan salah satu brand asuransi dengan pertumbuhan terpesat di Indonesia.


Sedangkan Astra Buana memulai bisnisnya pertama kali sejak tahun 1956 dengan menawarkan asuransi umum. Selama 55 tahun dinamika, Astra Buana mendiversifikasi produk asuransinya mencakup Garda Oto yang menyediakan proteksi terhadap mobil kita. Keuntungannya adalah selain kita mendapatkan bantuan saat kondisi darurat, asuransi ini juga menutup biaya perbaikan dan sparepart original saat melakukan service akibat kecelakaan.


Tak hanya itu, ada juga proteksi untuk keluarga seperti pendidikan anak (Garda Edu). Asuransi pendidikan ini menjamin keberlangsungan pendidikan anak dan biaya lainnya jika orang tuanya meninggal dunia akibat kecelakaan.


Dan asuransi terakhir yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini adalah Garda Home yang selalu siap siaga untuk memproteksi rumah kita dari beragam risiko yang mengincarnya seperti kebakaran, bencana alam, kejahatan, kerusuhan, dan bencana lainnya. Salah satu keuntungan utamanya adalah santunan pembelian perabotan rumah tangga hingga 50 juta lho!


Setelah saya amati, salah satu kelebihan Asuransi Astra yang paling menonjol adalah preminya yang sangat terjangkau. Sebagai contohnya, premi untuk Garda Edu dimulai dari Rp 10.000 saja, sedangkan untuk Garda Home dimulai dari Rp 98.750. Perlu diingat bahwa itu biaya per tahun lho, bukan per bulan. Artinya kalau dibagi per bulan, harganya bahkan jauh lebih murah daripada secangkir kopi kekinian ala cafe.

Sebagai salah satu pionir asuransi di Indonesia, Astra Buana telah menerima 41 penghargaan bisnis, di mana salah satunya adalah Top Brand Awards selama 12 tahun berturut-turut!

Dengan segudang penghargaan seperti itu, Astra Buana telah membuktikan reputasi dan kredibilitasnya dalam bidang asuransi. Sesuai jargon andalannya #iGotYourBack, produk asuransi Astra Financial siap menjadi garda terdepan jika suatu saat (amit-amit) terjadi hal yang tidak diinginkan, apalagi jika sampai menyangkut keselamatan.

#3 Solusi Syariah


Indonesia merupakan salah satu negara multikultural dengan tingkat keberagaman yang tertinggi di dunia. Astra Financial pun turut menawarkan layanan keuangan inklusif yang dapat diakses siapapun, khususnya bagi populasi muslim melalui produk keuangan berbasis syariah. Produk keuangan syariah dari Astra Financial tentu digarap sama seriusnya dengan produk konvensional, jadi tidak perlu khawatir yah!

Terhitung ada 5 produk keuangan Astra Financial yang tersedia dalam versi syariah:
  • Pembiayaan mobil baru dan bekas, serta penyediaan dana dengan jaminan BPKB (ACC)
  • Pembiayaan mobil baru dan bekas merk Toyota, Daihatsu, dan Lexus (TAF)
  • Pembiayaan motor baru dan bekas, serta penyediaan dana dengan jaminan BPKB (FIFASTRA)
  • Pembiayaan perjalanan Haji dan Umroh (AMITRA)
  • Asuransi kesehatan individu (Astra Life)
  • Asuransi kesehatan, motor, mobil, rumah (Astra Buana
  • Dan berbagai layanan lainnya seiring berjalannya waktu

Semua produk syariah tersebut telah menerapkan lima prinsip:
  • Universal, yaitu dapat diterapkan dalam setiap waktu dan tempat, untuk semua kalangan - tidak hanya agama dan keyakinan tertentu, dan pilihan alternatif produk pembiayaan.
  • Kepastian dalam hal harga, cara pembayaran, kualitas, dan kuantitas barang yang menjadi objek transaksi.
  • Keterbukaan dalam melakukan transaksi pembiayaan menggunakan akad perjanjian kedua belah pihak harus saling terbuka hak dan kewajiban serta konsekuensinya agar berjalan dengan baik.
  • Keadilan, yaitu kedua belah pihak yang melakukan transaksi pembiayaan menerima segala haknya dan menunaikan segala kewajibannya sesuai dengan kesepakatan bersama.
  • Tidak ada pencampuran dengan akad lainnya yang dapat menimbulkan perselisihan dalam kesepakatan, termasuk bebas dari ketidakjelasan, perjudian, riba/bunga, penganiayaan, suap, barang haram, dan perbuatan maksiat.

Insya Allah urusan syariah ini sudah diurus oleh mereka yang memang ahli dalam bidangnya, karena Astra Financial memiliki Dewan Pengawas Syariah (DPS) yang tergabung langsung di dalam manajemennya. Adapun DPS bertugas memastikan kepatuhan perusahaan terhadap prinsip syariah yang berlaku sesuai panduan dari Dewan Syariah Nasional (DSN MUI).

#4 Solusi Transaksi


Era yang semakin digital memberi angin yang begitu segar bagi pengembangan aplikasi smartphone, salah satunya adalah aplikasi untuk melakukan transaksi digital. Tidak mau kehilangan momentum, Astra Financial juga turut mengembangkan aplikasi transaksinya yang diberi nama AstraPay.

Aplikasi ini dibuat untuk menciptakan sistem yang lebih tertata dan efisien sehingga memudahkan semua pihak yang terlibat dalam bisnis Astra Financial, termasuk konsumen dan perusahaan itu sendiri. Fitur AstraPay adalah memfasilitasi pembayaran tagihan harian seperi pulsa, kuota, listrik, air, internet, dan TV berlangganan.

Dan fitur yang terpenting adalah... AstraPay bisa untuk pembayaran semua tagihan Astra Financial dari A sampai Z lho! Ini tentu sangat memudahkan dan lebih aman, karena perpindahan dana sudah terintegrasi dalam satu sistem Astra saja.

Selain membuat kehidupan menjadi lebih mudah, AstraPay juga punya sistem reward yang menarik lho, seperti cashback dalam bentuk Astra Points serta saldo bonus.

#5 Solusi dalam Genggaman


Kalau dipikir-pikir, ada banyak sekali diversifikasi layanan keuangan dari Astra Financial. Hal tersebut sebenarnya menandakan betapa lengkapnya, namun juga tak dapat dipungkiri akan sangat melelahkan jika harus membuka satu per satu website-nya untuk sekadar mencari informasi atau langsung melakukan pendaftaran.

Eittss tenang, saya punya kabar baik untuk hal ini. Astra Financial lagi-lagi berusaha memanjakan nasabahnya dengan memberikan berbagai kemudahan, salah satunya dengan meluncurkan aplikasi all in one bernama MOXA. Sesuai tujuannya, Astra Financial mengintegrasikan seluruh layanannya ke dalam super app andal ini, sehingga jauh lebih praktis.


Aplikasi ini pertama kali diluncurkan pada tahun 2020. Untuk memasang MOXA di smartphone, cukup unduh aplikasinya melalui Play Store atau App Store secara cuma-cuma. FYI, MOXA telah diunduh lebih dari empat juta kali dan mendapatkan rating 4.2/5.0 hanya dalam kurun waktu satu tahun saja lho.

Login yang Mudah dan Unik


Pernahkah mengalami kerepotan saat menggunakan mobile app? Kalau saya pribadi sih pernah beberapa kali, yaitu ketika "dipaksa" registrasi dan login. Padahal tujuan saya saat itu sebenarnya hanya ingin melihat-lihat atau sekadar informasi tertentu saja. Alhasil, email saya dibanjiri dengan newsletter promosi yang sama sekali tidak saya butuhkan.

Dan sayangnya, begitulah realitas pahit dari mayoritas aplikasi layanan yang sedang tumbuh subur saat ini.

Namun rasanya hal tersebut tidak akan dijumpai pada aplikasi MOXA. Ketika pertama kali menjelajahi aplikasi dengan logo seperti huruf X ini, saya sangat terkesan dengan opsi login-nya yang mampu menjawab permasalahan yang kerap saya alami.

MOXA menyediakan opsi tambahan bernama "eksplor aplikasi" yang memungkinkan penggunanya untuk menjelajahi MOXA tanpa perlu mendaftar sebagai pengguna atau memberikan informasi kontak. Fitur registrasi dan login dengan nomor ponsel baru dibutuhkan saat ingin melakukan pendaftaran, mengecek status pengajuan, atau membuat wishlist pada salah satu layanan Astra Financial.


Pada fitur eksplor aplikasi, pengguna hanya diminta memasukkan nama depan, tanggal lahir, jenis kelamin saja. Setelahnya, MOXA akan memberikan rekomendasi layanan yang relevan dengan profil tersebut. Jangan khawatir, pengguna juga bebas menambahkan layanan lain yang sekiranya diinginkan.

Tampilan MOXA App


Dari segi user interface, saya rasa MOXA sudah dikembangkan dengan serius.

Begitu membuka aplikasi MOXA, pengguna akan disuguhkan dengan tampilan menu berlatar belakang putih dan abu-abu muda yang terkesan clean sehingga nyaman dipandang berlama-lama. Saya pribadi sangat suka dengan palet warnanya: perpaduan biru dongker, kuning orange, dan putih. Kebetulan perpaduan warna ini juga sempat saya aplikasikan untuk beberapa desain grafis di blog ini.


Pada bagian atas, MOXA App menampilkan semua banner promo yang sedang berlangsung — saking banyaknya sampai dibuat slide yang berganti otomatis setiap 10 detik. Tempat ini sengaja dipilih karena sangat ampuh untuk menyita perhatian pengguna. Soalnya, siapa sih yang tidak suka promo? Hehe.

Pilihan layanan utama MOXA App hadir dalam bentuk icon ciamik yang dilengkapi dengan tulisan keterangan di bawahnya. Selain lebih ringkas, hal tersebut juga memudahkan secara visual. Hasilnya, pengguna bisa menemukan layanan yang diinginkan — semuanya mudah dan cepat.

Ketika mencoba menekan salah satu icon, pengguna akan disuguhkan dengan informasi relevan terkait layanan yang dipilih. Misalnya, ketika saya mengeksplor pembiayaan mobil, MOXA App menampilkan informasi lengkap terkait merk, tipe, pilihan warna, spesifikasi lengkap, hingga besarnya cicilan minimal per bulan. Bahkan ada video review-nya juga lho!

Empat tab utama aplikasi — beranda, pengajuan, wishlist, dan profil — sengaja dibuat menempel (statis) pada bagian bawah sehingga perpindahan tab menjadi mudah. Tab "beranda" bisa diakses oleh semua pengguna, baik pengguna login maupun fitur "eksplor aplikasi", sedangkan sisanya langsung bisa diakses setelah pengguna melakukan login.

Solusi Keuangan MOXA


Sampai saat ini, MOXA App memiliki tujuh produk kategori, yaitu:
  • Pinjaman tunai
  • Asuransi
  • Mobil
  • Motor
  • Alat berat
  • Perjalan religi
  • Elektronik dan lainnya

MOXA juga sedang mempersiapkan beberapa kejutan lainnya, seperti layanan invetasi, jual beli emas, voucher, serta layanan syariah. Stay tune dan segera update aplikasi MOXA-mu setelah versi selanjutnya tersedia agar bisa memanfaatkan beragam fitur baru tersebut.

Integrasi dengan AstraPay


MOXA teryata juga bisa diintegrasikan dengan akun AstraPay lho! Selain memberikan kemudahan dan keamanan ekstra, AstraPay biasanya akan memberikan lebih banyak promo dan cashback lho! Contohnya, bulan September ini MOXA menawarkan cashback hingga 50 ribu Rupiah jika membayar dengan AstraPay. Bahkan, sempat ada promo potongan biaya cicilan motor hingga Rp 1.000.000 lho!

Penutup...


Zaman yang kian kompleks turut mempengaruhi kehidupan kita, termasuk dalam hal finansial. Kebutuhan finansial harus direncanakan seapik mungkin, apalagi bagi mereka yang sudah berkeluarga. Sebab, keluarga adalah aset yang paling berharga, dan saya rasa fakta tersebut tidak akan terbantahkan.

Dengan beragam layanan dan benefit yang ditawarkan, serta beberapa produk syariah yang inklusif (sudah saya jabarkan di bagian sebelumnya), saya rasa Astra Financial bisa menjadi pilihan yang sangat layak dipertimbangkan untuk menjawab berbagai kebutuhan finansial masa kini. Ditambah lagi dengan kehadiran super app MOXA, kini semua dalam satu genggaman.

Dan... Rasanya tidak berlebihan jika mengatakan bahwa Astra Financial merupakan solusi dan pendamping keuangan terbaik untuk keluarga Indonesia.

Artikel ini diikutsertakan dalam Kompetisi Jurnalis dan Blogger Astra Financial 2021. Sumber informasi diperoleh dari website Astra Financial (termasuk website anak perusahaan) dan aplikasi MOXA. Infografis dibuat sendiri dengan sumber resource yang diunduh dari Freepik.
Yusuf Noer Arifin

Seorang mahasiswa sekaligus blogger yang menaruh minat pada kreativitas, pendidikan, musik, dan blogging. Untuk keperluan bisnis, silakan kunjungi halaman kontak.

Terima kasih sudah berkunjung di website ini.

Jika berkenan, mohon berkomentar yang RELEVAN dengan bahasa yang santun.

Semua komentar selalu saya baca meskipun tidak semuanya dibalas. Harap maklum :)